Sulit Menabung Setelah Menikah

shares |

Sulit Menabung Setelah Menikah - Tips Menabung Mudah tanpa Beban
Tanya :
Saya merasa harga-harga barang kebutuhan pokok makin tak masuk akal sekarang ini. Saya jadi sulit menabung, terutama setelah menikah sekarang. Padahal waktu masih lajang saya masih bisa menyisihkan cukup banyak gaji untuk ditabung. Apa saran mbak Prita? (Kusumawardani, 32)

Jawab :
Kalau merasa sulit untuk menyisihkan penghasilan setelah menikah, maka Anda harus melakukan analisa ulang terhadap kondisi arus kas saat ini. Saat masih lajang, pos pengeluaran rutin setiap bulan umumnya lebih sedikit dibandingkan setelah menikah ya. Gampangnya bayar hidup satu orang pasti lebih sederhana dibandingkan dua orang, bukan?

Untuk itu cobalah mulai bulan depan untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Gunakan buku kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Jangan kaget kalau ternyata kebiasaan ngopi yang hanya Rp 25.000 per minggu, sebenarnya bisa mencapai Rp 2 juta setahun.

Terdapat banyak cara untuk berhemat tanpa harus menderita. Bawalah makanan dan air minum dari rumah, gunakan transportasi umum, berhenti merokok, berlibur di saat yang tidak padat (low season), manfaatkan diskon agar memperoleh barang yang Anda “butuhkan” dengan lebih murah, dan masih banyak lagi.

Kunci kesuksesan menabung adalah membayar diri sendiri terlebih dahulu sebelum bayar komitmen cicilan dan tagihan. Biasakan untuk menyisihkan uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Siapkan dana hari tua, dana darurat, dan dana pendidikan anak dengan cara debit otomatis ke rekening khusus investasi. Uang Anda pasti akan habis! Tinggal pilih saja, mau dihabiskan sekarang atau disimpan dulu, tunggu nilainya bertambah dan dibelikan sesuatu yang lebih bagus lagi.

ZAPtion!
1. Buka rekening tabungan dan investasi terpisah. Untuk pembelian dengan jumlah yang lebih besar, seperti down payment untuk rumah atau mobil, menabung perlahan dengan memanfaatkan rekening khusus ini umumnya memiliki tingkat bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, dan jangka waktu yang periodenya telah ditentukan.

2. Tentukan tanggal debit otomatis. Tentukan H+3 dari tanggal gajian sebagai tanggal debit otomatis ke rekening investasi.

3. Segera lunasi utang kartu kredit. Menyelesaikan utang konsumtif dan bahkan menguranginya sama sekali akan memberikan kelonggaran arus kas setiap bulan yang dapat digunakan untuk menabung.

Membayar diri sendiri terlebih dahulu harus dimulai dengan disiplin dan komitmen. Anda pasti bisa kok! Semoga bermanfaat.

Let’s live a beautiful life,
Prita Ghozie

Related Posts