4 Pendiri Facebook Kuasai Daftar Miliarder Termuda Dunia

shares |

4 Pendiri Facebook Kuasai Daftar Miliarder Termuda Dunia - Majalah Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia, hari ini , Selasa (5/3/2013). Sejumlah nama besar di bidang teknologi masih tercatat dalam daftar orang terkaya sejagat raya ini, misalnya saja Pendiri Microsoft Bill Gates yang masih bercokol di peringkat dua atau Bos Oracle Larry Ellison yang nangkring di posisi kelima.

Tapi tentu saja yang menarik adalah terdapat 23 orang yang berusia di bawah 40 tahun. Sebagian besar dari miliarder termuda ini dikuasai para pendiri Facebook, juga mereka yang pernah terlibat mengembangkan Facebook.

Berikut daftarnya, dihitung dari yang termuda:

1. Dustin Moskovitz

Pria kelahiran 22 Mei 1984 (28 tahun) ini merupakan rekan sekamar Mark Zuckerberg sewaktu masih kuliah di Harvard. Sebagai salah satu pendiri, Moskovitz masih memiliki saham besar di Facebook, meskipun jejaring sosial itu sudah masuk pasar saham.

Moskovitz sudah tak lagi aktif di Facebook, tapi saham Facebook dan perannya sebagai CEO Asana (perusahaan aplikasi web) bisa menempatkannya di peringkat 353 daftar miliarder Forbes. Adapun kekayaannya tercatat sebesar US$ 3,8 miliar.

2. Mark Zuckerberg

Pendiri dan CEO Facebook ini berada di peringkat 66 daftar miliarder Forbes. Zuck lahir 14 Mei 1984, atau terpaut hanya beberapa hari dengan miliarder termuda yang juga rekannya sewaktu mendirikan Facebook, Dustin Moskovitz.

Tapi walau beda beberapa hari, kekayaan yang dimiliki Zuck jauh lebih besar dari Moskovitz. Harta Zuck diketahui sebesar US$ 13,3 miliar.

3. Eduardo Saverin

Pria kelahiran 13 Maret 1982 ini digambarkan sebagai sahabat dekat Mark Zuckerberg di film "Social Network". Seperti penggambaran di film, Saverin merupakan orang yang lebih dulu meninggalkan Facebook dan sempat berselisih di meja hijau dengan perusahaan yang didirikannya, setelah Saverin ngotot mempertahankan 30 persen saham miliknya.

Tapi perselisihan berakhir dengan keputusan Saverin masih menerima 5 persen dari saham Facebook dan tercatat sebagai salah satu pendiri. Saverin kemudian menjual setengah saham Facebook miliknya dan mendirikan sejumlah startup. Kini harta Saverin tercatat sebesar US$ 2,2 miliar dan menempati posisi 670 di daftar Forbes.

4. Sean Parker

Pria kelahiran 3 Desember 1979 ini memang lebih dulu dikenal di ranah digital dengan mendirikan Netscape. Tapi setelah situs download musik itu ditutup karena gugatan hukum, Sean Parker diminta Zuckerberg dkk untuk membesarkan Facebook.

Sean Parker merupakan Presiden Facebook pertama yang membawa jejaring sosial itu Semakin besar. Tapi setelah tak aktif di Facebook, Sean Parker mendirikan sejumlah startup. Kini kekayaan Parker mencapai US$ 2 miliar dan berada di peringkat 736 dalam daftar miliarder Forbes.

Related Posts