Modal Awal Bisnis Balikpapan Laundry Rp 5 Juta

shares |

Modal Awal Bisnis Laundry Rp 5 Juta - Bisnis laundry atas jasa pencuci kini tumbuh subur di Balikpapan. Mulai dari yang termurah dengan paket Rp 15.000 per 5 Kg, paket Rp 6.000 per Kg hingga paket satuan atau ekslusif yang banyak ditawarkan jasa pencucian besar. Masing-masing pilihan paket tersebut memiliki pasar sendiri-sendiri. Hampir tak terlihat jasa laundry yang sepi dari peminat.

Abata Laundry merupakan satu di antara ratusan jasa laundry di Kota Balikpapan. Dengan tagline berani bersih dan berani rapi, Iwan memulai bisnis ini sejak Ferbuary 2012 lalu, di rumahnya di kawasan Sungai Ampal, Balikpapan Tengah. "Saya melihat bisnis laundry memiliki minat pasar yang tinggi. Hampir semua tingkatan sosial terlihat memanfaat jasa laundry untuk pakaian kotor mereka. Awalnya saya pikir bagus buat bisnis sampingan. Dengan modal satu mesin cuci, plastik, detergen, pewangi dan beberapa hanger atau dana sebesar Rp 5 hingga Rp 10 juta, bisnis laundry sudah jalan. Kita terima cucian 20 Kg sehari," ungkapnya.

Tapi lama kelamaan, peminat terus bertambah. Investasinya tak cukup hanya dengan satu mesin cuci dan dua pekerja. Mesin cuci dan tenaga kerja yang telaten merupakan prioritas utama untuk mengembangkan bisnis laundry.

"Laundry menurut saya, bisnis ngumpulin uang receh. Semakin besar kapasitas produksi semakin besar omset yang diperoleh, umumnya kita dapat profit 30 persen dari omset. Dengan BEP, antara 10 hingga 20 bulan, tergantung yang menjalankan bisnis, jumlah produksi yang dihasilkan atau diproses," ujar Iwan.


Pelanggan utama Abata Laundry, menurut Iwan adalah keluarga muda dengan ekonomi menengah ke atas dan memiliki dua atau tiga anak yang masih kecil. Sehingga merasa kerepotan mengurus cucian dan tidak menggunakan pembantu. Namun, tak sedikit mahasiswa dan pekerja yang tinggal indekos. Pelayanan sistem delivery pun dilakukan Iwan untuk menarik pelanggan.


"Abata memudahkan pelanggan dengan layanan ambil dan antar tanpa dipungut biaya tambahan. Jadi pelanggan tinggal telepon, petugas kami akan mengambil cucian tersebut dan mengantarkan saat sudah selesai. Untuk mereka yang sibuk, cara ini sangat membantu," aku Iwan.


Memang, harga paket yang ditawarkan Abata Laundry menurut Iwan tidak sama dengan jasa laundry kebanyakan. Namun masih sangat terjangkau, mengingat pelayanan dan kualitas pakaian yang tetap terjaga, baik warna maupun kerapiannya. "Kita menawarkan biaya Rp 6.000 per Kg, Rp 150.000 per bulan atau paket keluarga seharga Rp 550.000 per bulan. Tersedia pula paket satuan yang harganya disesuaikan dengan jenis kain dan perawatannya. Semuanya dengan layanan ambil dan antar di tempat," ujar Iwan.

Pencuciannya juga tidak sembarangan. Karena selalu ada pemilahan pakaian berdasarkan warna dan jenis kain. Menurutnya, tidak semua pakaian bisa langsung masuk mesin. Ada yang perlu perendaman, dikucek pakai tangan dulu atau disikat hingga kain yang hanya bisa di dry clean.

Di luar pakaian, Abata juga melayani jasa pencucian karpet, boneka, bedcover, jas dan jacket kulit. Tentunya dengan harga yang disesuaikan tingkat kesulitan dalam perawatan.

Penulis : Margaret Sarita
Editor : Fransina
Sumber : Tribun Kaltim

Related Posts