Pemadaman Bergilir Segera Berlalu @Kaltim123

shares |

Pemadaman Bergilir Segera Berlalu - BONTANG – Pemadaman bergilir aliran listrik yang dilakukan PLN Area Bontang dipastikan segera berakhir. Pasalnya, pemeliharaan terhadap salah satu pembangkit yakni Unit MG1, telah selesai dilakukan pertengahan pekan lalu. .

Manajer PLN Area Bontang Mujiono mengatakan, saat ini pembangkit tersebut sedang dalam tahap performance test sebelum nantinya dioperasikan secara maksimal. “Dalam tiga hari ini sedang kami lakukan performance test, sebelum nanti dimasukkan ke dalam sistem, dan beroperasi secara terus-menerus,” jelasnya.


Mujiono mengakui bila pemeliharaan tersebut mempengaruhi distribusi listrik di Kota Taman. Karena, daya puncak berkisar antara 19,5 sampai 21,5 MW. Sementara, daya mampu yang dimiliki PLN antara 19,61 sampai 20 MW. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya pemadaman saat pemakaian puncak.

“Selama masa pemeliharaan, kami upayakan untuk tidak memadamkan pelanggan rumah tangga. Karena itu, kami meminta pelanggan bisa mematikan tiga lampu pada masa beban puncak, sehingga tidak ada pemadaman pada wilayah-wilayah tertentu,” tegas Mujiono.

Hal senada diungkapkan Wali Kota Bontang Adi Darma. “Saya meminta pengertian dari masyarakat. Kondisi ini karena adanya pemeliharaan pembangkit PLN. Kalau tidak dipelihara, pembangkit tersebut bisa rusak. Akibatnya tentu akan lebih fatal,” kata Adi Darma beberapa waktu lalu.

Permintaan mematikan tiga lampu yang tak terpakai di rumah tersebut, dilakukan dari pukul 19.00 Wita hingga 23.00 Wita. Sehingga, daya listrik yang diserap pelanggan sesuai dengan kapasitas yang tersedia. “Setelah pembangkit tersebut sudah selesai dipelihara, kondisi listrik kembali stabil,” jelas wali Kota.

Pemkot juga berinisiatif menyewa pembangkit melalui perusahaan daerah (perusda). Yakni berkapasitas 2 Mega Watt (MW). Kemudian, Pemkot juga menambahkan pembangkit dengan daya 8 MW. Sehingga total daya yang dibantu Pemkot sampai akhir tahun nanti mencapai 10 MW. Bila ditambahkan dengan dari PLN, akan dihasilkan daya 30 MW.

“Listrik merupakan salah satu program prioritas Pemkot. Karena itu kami ikut membantu PLN Bontang. Apalagi, kebutuahn listrik semakin bertambah, seiring laju pertambahan penduduk yang semakin hari semakin tinggi,” ujar Wali Kota.

Dia memprediksi, awal 2014 nanti tidak akan terjadi lagi pemadaman listrik. Kalau pun terjadi, Wali Kota meminta PLN segera menanganinya.
kaltim Post

Related Posts