5 Cara Habiskan Uang Biar Lebih Bahagia

shares |

Bisakah uang membeli kebahagiaan? Tentu saja bisa. Tapi Anda dijamin terkejut mengetahui caranya. Profesor Harvard University Michael Norton dan penulis buku, Elizabeth Dunn menerbitkan buku terbarunya berjudul "Happy Money: The Science of Smarter Spending".

Buku ini menceritakan secara rinci penelitian soal lima cara terbaik mengubah uang Anda jadi senyum ceria. Berikut lima kutipan dari buku tersebut yang bisa bikin menghabiskan uang membuat Anda lebih bahagia seperti dilansir dari Business Insider, Senin (20/5/2013):

1. Beli pengalaman


Sebanyak 57% orang Amerika dilaporkan menghabiskan uang untuk pengalaman baru membuatnya lebih bahagia daripada membeli barang, sementara 34% lainnya menyatakan hal sebaliknya.

Perbedaan ini lebih banyak di ungkap para wanita, permuda, dan mereka yang tinggal di kota dan pinggiran kota. Tapi pola yang sama juga ditunjukkan para pria, orang-orang tua, penduduk desa. Lewat beberapa penelitian, banyak orang merasa lebih bahagia saat mendapat pengalaman. Hal ini disebutnya menghabiskan uang dengan memuaskan.

2. Buat uang Anda menyenangkan

Merasa kehilangan sesuatu, membuat Anda menghargainya lebih daripada saat Anda masih memilikinya. Misalnya saat ini Anda punya acara TV favorit, mungkin Anda berpikir lebih baik beli DVD nya dan menonton habis semua episode. Nonton tanpa iklan dan tak perlu menunggu episodenya setiap minggu tampak menyenangkan.

Tapi penelitian membuktikan rehat sejenak saat nonton bisa meningkatkan kebahagiaan. Yang mungkin paling luar bisa adalah iklan dapat meningkatkan pengalaman saat nonton TV.

3. Beli waktu

Orang-orang yang merasa punya banyak waktu kosong cenderung lebih suka berolahraga, menjadi sukarelawan dan berpartisipasi di kegiatan-kegiatan yang bisa membuatnya lebih bahagia. Kebanyakan orang menggunakan uang untuk membeli waktu kosong di sela kegiatan sehari-hari seperti masak, bersih-bersih dan bahkan berbelanja.

Sedangkan para orang kaya cenderung menghabiskan lebih banyak waktunya pada kegiatan-kegiatan menegangkan dan bikin stress seperti bekerja lebih banyak dan belanja.

4. Bayar sekarang, konsumsi nanti.

Menunggu bisa meningkatkan kesenangan mengkonsumsi sesuatu, tak hanya dengan memberikan kesempatan mengembangkan dugaan positif tapi juga meningkatkan rasa tergiur.

Di salah satu eksperimen terbaru, mahasiswa biasa memilih jenis coklat dulu sebelum langsung dimakan atau menunggu 30 menit kemudian baru memakannya. Para siswa yang tak langsung makan, biasanya lebih menikmati dan ingin membeli lagi. Meskipun tak belajar hal baru soal coklat, tak langsung makan makanan yang dibeli membuat nafsu makan lebih baik.

5. Berinvestasi

Suatu hari nanti, orang-orang yang menghabiskan uang mereka untuk hal lain teruji lebih bahagia daripada orang-orang yang menghabiskan uang untuk dirinya sendiri.Bagaimana orang-orang menghabiskan uangnya mempengaruhi jumlah uang yang didapatnya nanti.

oleh Siska Amelie F Deil

Related Posts