Cara Membuat Sushi - Resep Sushi Tradisional Jepang

shares |

Cara Membuat Sushi - Resep Sushi Tradisional Jepang
  
Bahan :
- 540 gram (2 1/2 cangkir) beras koshihikari
- 200 gram salmon segar, potong 1 cm
- 935 ml (3 3/4 cangkir) air dingin
- 125 ml (1/2 cangkir) cuka beras
- 2 sendok makan gula kastor
- 1/2 sendok teh garam
- 6 lembar nori
- 1 alpukat, belah 2, kupas, iris tipis, cincang

Penyajian :
- Saus kedelai
- Pasta wasabi
- Acer jahe

Cara Membuat :


  • Taruh beras kedalam sebuah saringan, kemudian cuci beras dengan air dingin yang mengalir hingga bersih. Setelah itu taruh beras dan air ke dalam panci besar, tutup, masak dengan api besar, dan didihkan. Kecilkan api dan tutup selama 12 menit atau hingga air terserap, angkat dan sisihkan. Tutup selama 10 menit.
  •  Campur cuka, gula dan garam dalam mangkuk kecil, kemudian pindahkan nasi ke dalam mangkuk kaca besar, aduk nasi dengan menggunakan pengaduk kayu, setelah itu secara bertahap tambahkan cuka, aduk perlahan hingga rata. Tunggu selama 15 menit hingga nasi menjadi dingin.
  • Taruh alas sushi pada telenan, tempatkan lembaran nori, bagian mengkilap menghadap ke bawah, di atas alas. Sebaiknya tangan masih dalam keadaan basah untuk menyebarkan nasi secukupnya di atas lembaran nori, sisakan 3 cm pada tiap sisinya.
  • Taruh salmon dan alpukat pada bagian tengah nasi, tahan isian di tengah sambil menggulung alas. Lakukan cara tersebut hingga nori habis.
  • Gunakan pisau tajam untuk memotong-motong sushi dengan tebal potongan 1,5 cm. Kemudain tarih di atas piring dengan kecap, wasabi, dan acar jahe sesuai selera.

Related Posts