Sabtu, 15 Juni 2013

Cara Mengatasi Flashdisk minta di Format

Cara Mengatasi Flashdisk minta di Format - USB flashdisk merupakan perangkat external komputer yang pasti dimiliki oleh semua pengguna komputer sebagai media penyimpanan. Perangkat ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan media penyimpanan lainnya. Ada yang memilih flashdisk sebagai perangkat untuk menyimpan datat-data penting karena flashdisk mempunyai bentuk yang simpel, gak ribet dan bisa dibawa kemana-mana. Dan yang pasti harganya sangat terjangkau.

Salah satu masalah pada flasdisk yang sering terjadi adalah tiba-tiba tidak bisa dibuka dan meminta untuk di format. Lebih tepatnya muncul pesan seperti ini " The disk in drive is not formated. Do you want to format it now?". Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:


Masalah ini terjadi bisa karena terkena virus yang membuat file system dari flashdisk menjadi hilang (terhapus). Nah,,, kalau kita pilih yes berarti data-data di flasdishk tersebut akan terhapus semua. Padahal data-data di dalamnya sangat penting yang mana tidak yang masih anda butuhkan. Jangan tergesa-gesa anda menformatnya. Anda bisa mencoba dengan cara berikut.

Dalam kasus ini yang harus anda siapkan adalah software recovery untuk berfungsi untuk mengembalikan file dan folder yang telah terhapus permanen. Software ini ada yang berbayar dan ada juga yang free. Anda bisa mencoba software yang bernama recovery my files. Install software tersebut di komputer.
Langkah selanjutnya adalah silakan anda masukkan flashdisk ke port USB. Ketika muncul kotak pesan minta format silakan pilih No.
Sekarang anda buka aplikasi recovery my files. Sekarang anda pilih menu Start Recovery - selanjutnya pilih yang tipe drive untuk data yang akan kita recover. Klik Next
Sekarang muncul pilihan drive-drive yang aktif di komputer anda. Silakan pilih Drive dari USB Flashdisk yang ingin kita backup terlebih dahulu data tersebut. Silakan tentukan letak folder untuk penyimpanan hasil recover di komputer anda.
Setelah proses backup selesai, pastikan file dan folder yang ada di flashdisk telah tersimpan semuanya. Jika anti virus di PC mendeteksi virus di folder backup silakan anda hapus saja. Karena bisa saja virus tersebut yang menyebabkan muncul pesan format di flashdisk anda.
Selanjutnya anda bisa menformat flasdisk tersebut. Setelah prososes format selesai silakan anda pindah data basckup yang telah dibuat ke flashdisk anda.


Semoga Membantu! --- Sumber

Previous
Next Post »

Post Comment

 
loading...