Sabtu, 15 Juni 2013

Cara Praktis Edit File PDF dengan Microsoft Office 2013

Cara Praktis Edit File PDF dengan Microsoft Office 2013 - PDF merupakan format dokumen yang sangat populer saat ini. Kemampuan konversi secara universal membuat dokumen ini lebih praktis dan mudah untuk berbagi. Berbagai dokumen dari aplikasi apapun bisa dengan mudah dikonversi menjadi satu bagian utuh tanpa kehilangan tampilan visualnya, seperti teks, table, gambar atau grafik. Selain itu, dokumen PDF mendukung perangkat multiplatform baik perangkat desktop maupun mobile. Popularitas itu juga didukung dengan semakin banyaknya software pdf reader gratis yang tersedia di internet.

Beberapa aplikasi pdf reader gratis yang populer adalah Adobe Reader, Foxit Reader, Sumatra PDF, Nitro PDF Reader dan berbagai aplikasi lainnya. Bahkan Microsoft, sejak Windows 8 sudah menyertakan aplikasi PDF reader terintegrasi. Sehingga pengguna Windows 8 tidak harus menginstall aplikasi PDF reader tambahan untuk bisa membuka dokumen PDF.


Salah satu kelemahan file PDF adalah sulit melakukan pengeditan tanpa memiliki file sumbernya. Padahal, banyak pengguna yang membutuhkan editing PDF untuk berbagai keperluan. Menjawab masalah tersebut, Microsoft, melalui produk Office terbarunya, yaitu Microsoft Office 2013, telah memberikan fitur edit file PDF dengan lebih mudah dan praktis. Maka jika Anda telah menginstal Office 2013, Anda tidak harus menginstal aplikasi PDF converter jika ingin berurusan dengan edit file PDF.

Berikut ini langkah-langkah edit file PDF dengan Microsoft Office 2013
Langkah 1. Klik kanan pada file PDF, pilih Open with, kemudia klik Word (Desktop)



Langkah 2. Akan muncul kotak dialog bertuliskan "Word will first convert your PDF to an editable Word document. The resulting Word document will be optimized to allow you edit the text, so it might not look exactly like the original PDF, especially if the original file contained lots of graphics" Klik OK untuk melanjutkan membuka Office 2013.



Langkah 3. Dokumen PDF yang akan Anda edit sudah terbuka di halaman Office 2013. Anda bisa melakukan editing sesuai keinginan Anda.


Langkah 4. Setelah melakukan editing, Anda bisa menyimpan file tersebut dalam dokumen Office (doc, docx) maupun dokumen PDF seperti asalnya. Caranya klik File, kemudian Export. Anda bisa memilihCreate PDF/XPS Document untuk menyimpan file dalam bentuk PDF atau Change File Type untuk menyimpan dokumen dengan format Microsoft Office.

Langkah 5. Setelah menentukan format file, langkah selanjutnya adalah menentukan nama file dan lokasi lokasi penyimpanan. Klik Publish jika sudah selesai.



Catatan:
Microsoft Office 2013 tidak bisa mengedit file PDF yang sifatnya write protected atau file dengan attributread only. Edit file PDF dengan Microsoft Office 2013 juga tidak sebagus menggunakan software pihak ketiga yang memang dibuat khusus untuk edit file PDF, terutama untuk file PDF yang mengandung banyak gambar/grafik.
Sumber

Previous
Next Post »

Post Comment

 
loading...