Kamis, 27 Juni 2013

Sehari, Gaji Ratu Inggris Rp 2 Miliar

Sehari, Gaji Ratu Inggris Rp 2 Miliar - Kabar menyenangkan diterima Ratu Elizabeth dari Inggris. Penguasa kerajaan albino itu bakal menerima kenaikan gaji sebesar 5 persen pada 2014. Jangan lihat proporsi kenaikannya, karena nilai gaji Elizabeth nantinya akan mencapai Rp 549,6 miliar setahun atau Rp 2 miliar sehari (sebulan 22 hari)!

Apa yang menyebabkan sang ratu naik gaji?

BBC mengabarkan, Elizabeth menerima kenaikan gaji sebesar setelah Crown Estate - perusahaan properti milik keluarga kerajaan Inggris - mengalami peningkatan keuntungan 5 persen menjadi £ 252,6 juta atau Rp 3,8 triliun. Kenaikan keuntungan Crown Estate kemudian disetorkan kepada The Sovereign Grant, lembaga yang mendanai pengeluaran sang ratu sebagai Kepala Negara.


Dana kelolaan The Sovereign Grant pun dikabarkan akan meningkat dari £ 36,1 juta atau sekitar Rp549,6 miliar menjadi £37,89 juta atau Rp 577 miliar pada 2014. Secara rinci, kenaikan dana tersebut merupakan prosentasi keuntungan Crown Estate yang dihasilkan sejumlah properti seperti Windsor Park dan bangunan-bangunan bersejarah di garis pantai Inggris.

Di samping gaji untuk Ratu Elizabeth, keuntungan Crown Estate juga disalurkan kepada Bendahara Negara untuk membantu keuangan negara. Ketua Crown Estate, Sir Stuart Hampson, mengatakan keuntungan lembaganya akan menambah kontribusi bagi keuangan negara secara signifikan. Meski Crown Estate mengelola properti milik kerajaan, lembaga itu tidak mengelola aset-aset milik Elizabeth secara pribadi.

Saat ini, Crown Estate menguasai properti mewah yang berada di sekitar Oxford Street dan Regent Street di London. Nilai properti kelolaannya mencapai £ 8,1 miliar atau sekitar Rp 123,3 triliun. Dari nilai tersebut, sebagian besar berada di kawasan West End London dengan nilai aset total £ 5,9 miliar atau Rp 89,8 triliun.

Crown Estate juga menguasai 15 taman di sejumlah kota seperti Liverpool, Swansea, Slough dan Nottingham. Mereka pun memiliki pusat perbelanjaan di Worcester, Oxford dan Exeter termasuk kantor di Birmingham, Manchester dan Cambridge. Nilai properti di luar London mencapai £ 1,6 miliar atau Rp 24,3 triliun. Di luar properti hunian, Crown Estate mengelola jalur kabel dan pipa saluran utilitas di seluruh Inggris serta 144 ribu hektar lahan pertanian dan hutan negara.

Sumber : Yahoo | Penulis: Peppy Ramadhyaz

Previous
Next Post »

Post Comment

 
loading...