Wisata Becak Hias Alun Alun Kidul Yogyakarta

Naik sepeda tandem di Alun-alun Kidul Yogyakarta saat malam Minggu sudah biasa. Ada atraksi yang lebih menarik yang harus Anda coba yakni odong-odong atau becak hias khasnya.

Alkid atau Alun-alun Kidul adalah salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang selalu ramai turis. Puncak keramaiannya bisa Anda rasakan ketika malam Minggu tiba.

Saat itu, akan ada banyak penduduk lokal dan juga turis yang memenuhi Alkid. Banyak kegiatan yang dilakukan, mulai dari makan malam, bermain di tengah alun-alun, menyeberang dua pohon beringin, hingga naik odong-odong alias becak hias.


Untuk yang terakhir, inilah yang membuat malam Minggu di Alkid terasa menyenangkan. Banyak wisatawan yang sengaja datang untuk mencoba mengendarai odong-odong, seperti traveler bernama Gita.

"Aku pengen banget naik odong-odong hias. Bagus ada lampu-lampunya, rame banget jadinya Alun-alun Kidul," tutur Gita kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

Tak hanya Gita, traveler bernama Putri juga mengaku senang naik odong-odong alias becak hias khas Alkid.

"Penasaran juga soalnya pada pengen naik ini," ungkapnya.

detikTravel pun pernah mencobanya langsung. Ternyata tak sulit untuk menemukan permainan ini. Ada banyak orang menyewakan odong-odong hias di sekitaran Alun-alun Kidul.

Harga sewanya pun tidak mahal. Satu odong-odong bisa disewa seharga Rp 30 ribu. Tidak sendiri, kendaraan ini bisa dinaiki hingga 6 orang, tergantung ukuran odong-odong yang Anda sewa.

Karena mirip becak, permainan ini dijalankan dengan cara dikayuh seperti sepeda. Seluruh penumpang diminta untuk bisa menggowes agar laju odong-odong semakin cepat.

Tapi jangan harap perjalanan Anda bisa lancar, karena ada belasan bahkan puluhan odong-odong memadati Alkid. Jadi Anda harus sabar jika sebentar-bentar kendaraan berhenti.