Pipa Khusus Air Panas

shares |

Anda berniat memasang water heater di rumah? Jika iya, selain Anda harus memilih merek water heater yang berkualitas, jangan lupa untuk memilih pipa instalasi yang baik dan berkualitas juga. Tujuannya, agar air panas yang dihasilkan dari water heater dapat diterima dengan sempurna.

Berbeda dengan memilih pipa untuk instalasi air biasa, ketika memilih pipa air panas ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, khususnya masalah ketahanan pipa terhadap air panas. "Pipa yang baikharus dapat mengantarkan air panas hingga ke tempat yang dituju tanpa ada perubahan panas dan terjadi efek samping seperti permukaan pipa terkikis atau timbulnya reaksi kimia yang membuat kandungan air berubah.


Di antara beberapa merek pipa yang dikhususkan untuk instalasi air panas, ternyata pipa PPR Wavin Tigres Green, termasuk kuat menahan pans hingga suhu mencapai 115 derajat Celcius, sekaligus mempertahankan kestabilan suhu air panas sampai keluar dari keran air. Ini berkat material polypropylene, material non-korosif yang tahan terhadap berbagai cairan kimia baik asam maupun basa (PH 1 s/d 14), tahan terhadap abrasi, dan bebas dari sedimentasi atau pengikisan.

Di pasaran, pipa ini terdiri dari 3 jenis, yaitu PN 10, PN 16, dan PN 20. PN adalah ketebalan dinding pipa, bukan diameter pipa. PN 10, berarti ketebalan dinding pipanya adalah 10 mm. Untuk fungsi, ketiganya memiliki fungsi berbeda, yaitu PN 10 khusus untuk pipa air dingin, PN 16 untuk air dingin atau panas, serta PN 20 untuk air panas tetapi bisa digunakan untuk air dingin.

Pipa Wavin Tigres PN 20 dengan ukuran pipa 20 mm dan panjang 4 m. Harga pipa air panas ini dijual dengan harga Rp. 55.000,- . PN 16 dengan ukuran pipa 20 mm dan panjang 4 m harganya Rp. 48.500,- , serta PN 10 dengan ukuran pipa 20 mm dan panjang 4 m dibanderol dengan harga Rp. 40.000,-.

(Sumber : Tabloid Rumah)

Related Posts