Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

shares |

Ketika cuaca/suhu udara sedang panas-panasnya, menyalakan alat pendingin udara akan terasa sangat nyaman. Tetapi konsumsi listrik untuk AC tidak bisa dianggap kecil. Selain itu, pelepasan udara pada blower akan menambah panas suhu udara di luar rumah. Pemaiakan freon pun akan berdampak negatif pada lingkungan. Ada beberapa cara sederhana untuk menyejukkan ruangan, selain menggunakan AC.



Berikut beberapa tips agar rumah sejuk tanpa menggunakan AC yang bisa Anda coba .


Sebelum hari menjelang panas (pagi hari), tutup jendela dan gorden ketika udara dalam ruangan masih dingin. Tujuannya supaya udara dingin tersebut bisa tinggal lebih lama di dalam ruangan.

Setelah matahari tenggelam, saatnya membuka jendela lebar-lebar dengan tujuan untuk memasukkan udara yang dingin. Kipas angin dapat membantu untuk mendorong udara panas dalam ruang ke luar sehingga udara dingin dari luar bisa segera masuk menggantikannya.

Matikan alat-alat elektronik termasuk lampu yang tidak perlu pada siang hari. Alat-alat tersebut dapat mengeluarkan energi yang dapat menambah panas dalam ruang. Usahakan memasak pada pagi atau malam hari.

Pemasangan kipas angin pada langit-langit/plafond lebih efektif mengedarkan udara ke seluruh ruang dibandingkan kipas angin biasa.

Usahakan banyak menanam pohon disekitar halaman rumah, terutama halaman peneduh. Tanaman peneduh tersebut lebih efektif memblokir panas matahari. Posisi paling baik tanaman peneduh adalah di sisi barat rumah, dimana sinar matahari menyorot lebih tajam.

Pemasangan ventilasi pada atap sangat baik agar udara panas selalu naik ke atas. Dengan memasang bukaan pada atap, udara dari dalam ruang akan terbuang ke atas dan udara yang lebih dingin akan segera menggantikannya.

SUmber : http://info-bangunan.blogspot.com/2013/07/tips-rumah-sejuk-tanpa-ac.html

Related Posts