Cegah Stroke Dengan Rutin Donor Darah Teratur

shares |

Cegah Stroke Dengan Rutin Donor Darah Teratur - Mendonorkan darah secara teratur bermanfaat mencegah penyakit seperti stroke serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Saat hendak mendonorkan darah, pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, nadi, suhu, berat badan, hemoglobin, memungkinkan pendonor mengetahui lebih awal kemungkinan terserang penyakit seperti hepatitis B/C, HIV dan penyakit dalam.

“Di luar manfaat kesehatan fisik, mendonorkan darah akan mendatangkan kepuasan sendiri karena telah menyelamatkan nyawa orang lain,” kata dr. Dian Winarti, Kepala Bidang Pengadaan Darah Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta di sela-sela-sela kegiatan donor darah OT Peduli Donor Darah di Jakarta, Kamis (9/1/2013).

Dikatakannya, darah yang yang telah didonasikan akan diolah menjadi 3 komponen yaitu darah merah, trombosit dan plasma. 3 komponen ini kemudian dapat ditransfusi kepada 3 orang yang membutuhkan.

“Setiap tahunnya, PMI membutuhkan sekitar 4 juta kantung darah, dan sekarang baru terpenuhi sekitar 3 juta, berarti masih dibutuhkan sekitar 1 juta kantung darah," katanya.

Yuna Eka Kristina, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group menyatakan, donor darah diikuti oleh 1.000 karyawan, mulai dari level manajemen hingga pekerja pabrik dan dilaksanakan secara serempak di 3 titik yaitu Gedung Pusat OT, Pabrik PT. Ultra Prima Abadi, dan Pabrik PT. CS2 Pola Sehat.

“Donor darah pun menjadi gaya hidup di OT. Karena donor darah sendiri merupakan tindakan nyata dari value relationship yang kami pegang, yaitu kepedulian, bertindak dan aktif terlibat menolong sesama,” kata Yuna.

OT Peduli Donor Darah mengambil tema “1.000 kantung darah = 3.000 nyawa yang menggambarkan target pendonor sekaligus mengedukasi bahwa hanya dengan menyumbangkan 350 ml darahnya (setara 1 kantong darah), setiap pendonor berarti telah menyelamatkan 3 nyawa.

“Ini edukasi sekaligus ajakan, bahwa dengan satu langkah berbagi, kita menyelamatkan hidup orang lain,” katanya.

Related Posts