Daftar Beasiswa Tanoto Foundation Sekarang!

shares |

Setiap tahun, Tanoto Foundation membagikan beasiswa kepada mahasiswa di kampus-kampus mitra. Beasiswa tersebut diberikan untuk jenjang S-1 dan S-2.

Tahun ini, dua kampus bergabung menjadi mitra Tanoto Foundation dalam program National Champion Scholarship. Total, ada sembilan kampus mitra Tanoto Foundation yang akan memberikan bantuan biaya studi kepada para mahasiswanya.

Untuk jenjang S-1, ada 200 beasiswa yang bisa diperebutkan. Syaratnya, pelamar merupakan mahasiswa aktif di sembilan PTN berikut ini:

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
4. Universitas Hasanuddin (Unhas)
5. Universitas Indonesia (UI)
6. Universitas Jambi (Unja)
7. Universitas Mulawarman (Unmul)
8. Universitas Riau (Unri), dan
9. Universitas Sumatera Utara (USU).

Sementara itu, pada jenjang S-2, ada 30 beasiswa yang disediakan di enam PTN, yaitu:
1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
4. Universitas Hasanuddin (Unhas)
5. Universitas Indonesia (UI)
6. Universitas Sumatera Utara (USU)

Pelamar beasiswa S-1 tidak boleh berusia lebih dari 21 tahun pada Juli 2014 . Pelamar mahasiswa harus memiliki nilai IPK terakhir minimal 3,00 (skala 4,00). Sedangkan pelamar yang masih duduk di tahun pertama perguruan tinggi harus memiliki nilai rata-rata rapor kelas 3 SMA minimal 8,0 (skala 10,0). Dokumen yang harus dilampirkan dalam aplikasi adalah surat rekomendasi perguruan tinggi bahwa pelamar membutuhkan dukungan finansial.

Sementara itu, usia pelamar beasiswa S-2 maksimal 40 tahun pada Juli 2014 dan telah memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Nilai IPK minimal pelamar adalah 3.25 (skala 4,00).

Setelah mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh pada laman Tanoto Foundation, persiapkan berkas pendukung berupa:

Jenjang S-1
1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi
2. Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisasi
3. Fotokopi dokumen rapor SMU kelas 3 yang telah dilegalisasi jika pelamar duduk di tahun pertama kuliah
4. Dua lembar pas foto berwarna terakhir ukuran 3x4
5. Slip gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan orangtua (Ayah dan atau Ibu kandung)
6. Surat keterangan dari Direktorat Kemahasiswaan atau Lembaga Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi yang menyatakan :
Pelamar membutuhkan bantuan finansial untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi tersebut.
Pelamar tidak sedang atau akan mengikuti program double degree, dan fast track (dengan dukungan Beasiswa dari institusi lain).
7. Esai maksimal 500 kata berisi penjelasan tentang mengapa kuliah di fakultas yang dipilih, apa yang ingin dilakukan dalam waktu lima tahun setelah menyelesaikan studi S-1, langkah dan kegiatan apa yang telah dan akan dilakukan untuk mencapai rencana lima tahun tersebut serta argumen tentang mengapa Tanoto Foundation harus memilih pelamar sebagai penerima beasiswa Tantoto Foundation.
8. Fotokopi ijazah SMU yang sudah dilegalisasi dua lembar
9. Fotokopi kartu tanda mahasiswa dua lembar
10. Fotokopi akte kelahiran dua lembar
11. Fotokopi KTP dua lembar
12. Fotokopi kartu keluarga dua lembar

Jenjang S-2
1. Fotokopi transkrip nilai akademik terakhir S-2 yang sudah dilegalisasi, dua lembar
2. Fotokopi transkrip nilai akademik S-1 yang sudah dilegalisasi, dua lembar, khusus bagi pelamar yang saat ini baru memulai perkuliahan tahun pertama di program S-2
3. Surat keterangan dari tempat bekerja yang menyatakan pelamar sudah mempunyai pengalaman kerja minimal dua tahun di perusahaan atau institusi tersebut
4. Surat keterangan dari Direktorat Kemahasiswaan atau Lembaga Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi yang menyatakan pelamar tidak sedang atau akan mengikuti program double degree, dan fast track (dengan dukungan Beasiswa dari institusi lain)
5. Esai maksimal 500 kata tentang mengapa kuliah di fakultas yang dipilih, apa yang ingin dilakukan dalam waktu lima tahun setelah menyelesaikan studi S-2, langkah dan kegiatan apa yang telah dan akan dilakukan untuk mencapai rencana lima tahun tersebut, serta argumen tentang mengapa Tanoto Foundation harus memilih pelamar sebagai penerima beasiswa Tantoto Foundation.
6. Fotokopi ijazah S1 yang sudah dilegalisasi, dua lembar
7. Fotokopi kartu tanda mahasiswa dua lembar
8. Fotokopi akte kelahiran dua lembar
9. Fotokopi kartu keluarga dua lembar
10. Fotokopi KTP dua lembar

Masukkan semua dokumen tadi ke dalam Snelhekter Map warna hijau. Setelah itu, kirimkan berkas lamaran di dalam amplop coklat kepada tertutup kepada Tanoto Foundation dengan alamat PO BOX 2664 JKP 10026. Jangan lupa cantumkan tulisan “BEASISWA” pada bagian kiri atas amplop.

Berkas lamaran diterima panitia seleksi maksimal 10 Februari 2014 cap pos. Simak laman Tanoto Foundation untuk informasi lengkap.

Related Posts