Kalstar Layani Rute Pontianak-Balikpapan dan Pontianak-Semarang

shares |

Kalstar Layani Rute Pontianak-Balikpapan dan Pontianak-Semarang : askapai Penerbangan Kalstar membuka dua rute baru yaitu Pontianak-Balikpapan dan Pontianak-Semarang. Kedua rute ini akan dibuka per 1 November 2013.

Manajer Cabang Kalstar Pontianak Suryadji mengatakan penambahan rute baru dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada penerbangan Pontianak-Jakarta. Selama ini untuk menuju ke suatu daerah kebanyakan penumpang harus transit terlebih dahulu ke Jakarta. Dengan semakin banyaknya rute penerbangan langsung akan memberikan kemudahan bagi penumpang untuk menuju suatu daerah.

Rute Pontianak-Balikpapan dan Pontianak-Semarang akan dilayani sebanyak satu penerbangan setiap hari. Jenis pesawat yang digunakan ATR 72 Seri 600 dengan kapasitas 72 tempat duduk. "Untuk penerbangan Pontianak-Balikpapan itu berangkat jam 7 pagi, sementara Pontianak-Semarang jam 2 siang. Selama perjalanan kami memberikan makanan ringan dan minuman," kata Suryadji.

Penerbangan dari Pontianak menuju Balikpapan ditempuh selama 1 jam 50 menit, sementara Pontianak Semarang ditempuh dalam waktu 1 jam 50 menit. "Untuk rute Pontianak-Balikpapan kita ada Connecting Flight tujuan Berau, Tarakan, Malinau, Melak, dan Nunukan. Sementara dari Balikpapan ke Pontianak itu ada Connecting Flight ke Putusibau, Ketapang, Sintang," jelasnya.

Menurut Suryadji, Rute Pontianak-Balikpapan pernah dilayani Maskapai Batavia Air dan Dirgantara Air Service. Namun rute ini sempat vakum beberapa tahun. Berdasarkan data sebelumnya, dengan tipe pesawat yang sama, rata-rata penumpang yang menumpang pesawat DAS mencapai di atas 50 persen.

Sementara Batavia yang menggunakan pesawat boeing dengan kapasitas penumpang lebih banyak, penumpang di bawah 50 persen. "Dari survei yang sudah kami lakukan, kami prediksi penumpang ke Balikpapan dan Semarang lebih besar dari 50 persen," katanya.

Related Posts