Macam Macam Jenis Instrumen Investasi

shares |

Macam Macam Jenis Instrumen Investasi - Investasi merupakan proses untuk meletakkan dana ke instrumen tertentu dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan dengan risiko yang masuk akal.

Secara umum, investasi dibedakan menjadi dua macam yaitu instrumen riil dan instrumen keuangan.

Instrumen riil bisa dilakukan dengan membeli emas, rumah, tanah, dan sebagainya. Sedangkan berinvestasi di instrumen keuangan lebih membutuhkan metode dan cara-cara tertentu.

Instrumen keuangan merupakan aset yang wujudnya tidak terlihat, tetapi tetap memiliki nilai yang tinggi. Umumnya aset ini terdapat di dunia perbankan dan juga di pasar modal, yang di Indonesia dikenal dengan Bursa Efek Indonesia. Beberapa contoh dari aset finansial adalah instrumen pasar uang, obligasi, saham, dan reksa dana.

Masing-masing instrumen tersebut memiliki profil risiko dan tingkat imbal hasil yang berbeda-beda pula. Instrumen investasi dengan profil resiko rendah, akan memberikan imbal hasil yang rendah pula. Sebaliknya, instrumen investasi dengan profil resiko tinggi, akan memberikan imbal hasil yang tinggi pula.

Anda memilih investasi jenis apa? Tentunya, Anda menginginkan instrumen investasi yang terbaik ditinjau dari segi risiko dan imbal hasil yang diberikan. Hal ini tergantung pula dengan profil risiko Anda. Jika Anda suka berspekulasi dan siap rugi tentu saham bisa jadi jenis investasi yang Anda pilih. Lain halnya jika Anda tidak siap rugi, investasi emas atau properti bisa jadi rujukan Anda. (as)

Related Posts