Manfaat hebat kolesterol untuk kesehatan tubuh manusia

shares |

Manfaat hebat kolesterol untuk kesehatan tubuh manusia - Fungsi atau manfaat kandungan kadar kolesterol baik (HDL) dan jahat (HDL) dan pengaruhnya dalam kesehatan tubuh... Bila kita mendengar kata kolesterol kebanyakan dalam benak kita akan terpikir itu adalah penyakit serius dan berbahaya sehingga perlu di obati dan di atasi, memang tidak salah anggapan bahaya kolesterol bagi tubuh manusia, karena kolesterol merupakan musuh utama bagi kesehatan pembuluh darah bila jumlahnya berlebihan karena bisa menimbulkan penyakit berat, seperti stroke misalnya, namun tahukah anda bahwa ada manfaat hebat dari kadar kolesterol dalam tubuh kita sebagai penunjang kesehatan dan sistem metabolisme tubuh kita, sehingga kolesterol tidak harus di obati apalagi di hilangkan namun yang perlu kita lakukan adalah melakukan pengontrolan kadar kolesterol jahat atau LDL agar tidak melebihi ambang batas yang di ijinkan.



Dan berikut ini akan saya jelaskan apa saja fungsi dan manfaat kolesterol dalam sistem kerja tubuh kita, setidak ada 3 manfaat hebat kolesterol dan pengaruhnya untuk kesehatan tubuh kita.



Pertama, Kolesterol sangat bermanfaat sebagai pengatur dan menyusun membran sel bagi setiap rentang suhu fisiologis bagi tubuh kita agar bisa berfungsi normal sebagaimana mestinya.



Kedua, kolesterol dapat berfungsi sebagai prekusor dalam sintetis senyawa asam pada organ empedu. Organ empedu yang mengandung asam, akan berperan sebagai emulsifier senyawa2 lemak yang ada dalam makanan, kolesterol juga dapat melakukan emulsifier bagi berbagai vitamin larut lemak sehingga bisa di cerna dan kemudian di serap oleh tubuh melalui usus kecil dan dalam istilah medis di sebut intestin.



Ketiga, kolesterol juga bermanfaat sebagai substrat dalam proses sintetis dari semua hormon steroid dan hormon lainnya seperti hormon glukokortikoid, hormon mineralokortikoid. Kemudian ada jenis derivat kolesterol yaitu 7 dehidrokolesterol yaitu zat kolesterol yang berfungsi sebagai prekusor dalam sistem kerja sintesis vitamin D3 yang terjadi pada bagian dalam kulit atau jaringan kulit.



Dari 3 fungsi dan manfaat kolesterol untuk menunjang sistem kerja tubuh kita, di harapkan anda tidak takut dengan adanya kolesterol dalam tubuh kita, namun anda wajib cemas bila kadar kolesterol baik yang jahat atau LDL atau baik ( HDL ) berada pada angka yang tidak normal, dan berikut kadar HDL dan LDL dalam tubuh yang aman.



  • Kadar kolesterol jahat yang aman harus berada pada angka di bawah 100 mg/dl dengan ambang batas teratas antara 100 mg/dl hingga 130 mg/dl, apabila sudah di atas 140 mg/dl, anda harus hati hati dan melakukan tes darah.
  • Kadar kolesterol baik atau HDL ( High Density Lippoprotein ) yang aman, angkanya berbeda antara pria dan wanita, rinciannya seperti berikut ini.
  • Pada pria angka kadar HDL yang aman adalah di di atas 40 mg/dl.
  • Pada wanita kadar HDL yang aman harus di atas 50 mg/dl.
Kesimpulan dari artikel tentang manfaat kolesterol untuk kesehatan tubuh di atas adalah, kolesterol tidak bisa di obati apalagi di eliminasi alias di hilangkan, namun yang tepat adalah di kontrol agar tetap pada ambang batas normal, sehingga kinerja dan fungsinya akan bermanfaat positif untuk tubuh.


Related Posts