Peluang Ekspor Ke Jepang Makin Besar

shares |

Peluang Ekspor Ke Jepang Makin Besar - Bersamaan dengan keberadaan kerja sama Asean-Japan Center (AJC), yang dimulai tahun 2012 lalu, peluang ekspor pengusaha Indonesia ke negeri Sakura akan semakin besar. Ini juga bisa meningkatkan volume ekspor dari tahun ke tahun.

Direktur Pengembangan Produk Eskpor Kementerian Perdagangan, Dody Edward menyatakan, ACJ memiliki tiga program diantaranya perdagangan dan investasi, budaya dan pariwisata dan hubungan masyarakat.Ke depan, menurut Dody, diharapkan dalam kerjasama ini dapat dilakukan peningkatan dan pengembangan terhadap kegiatan-kegiatan AJC, sehingga mampu meningkatkan kinerja ekonomi antara negara ASEAN dan Jepang.

Lebih jauh Dody menjelaskan untuk anggaran 2014, Indonesia akan terus berperan aktif dalam program kegiatan AJC dan memanfaatkanya secara optimal. Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan daya saing produk-produk unggulan Indonesia yang berpotensi, seperti furnitur, tekstil serta makanan dan minuman olahan.

“Dengan begitu maka kita mampu bersaing di pasar Jepang dan kawasan ASEAN dan meningkatkan kapasitas sumber daya baik Usaha Kecil dan Menegah (UKM) maupun aparat Kemendag,” imbuh Dody.

Berdasarkan data statistik Badan Pusat Statistik (BPS), hubungan perdagangan antara Indonesia-Jepang untuk periode Januari hingga November 2013 mencapai USD 42,47 miliar atau mengalami penurunan sebesar 13,56 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2012 sebesar USD 49.14 miliar.

Related Posts