Beasiswa Pascasarjana Dari Honjo International Scholarship Foundation (HISF) Jepang

shares |

Honjo International Scholarship Foundation (HISF) membuka program beasiswa untuk pelajar internasional. Beasiswa jenjang pascasarjana ini tersedia untuk mereka yang menjadi mahasiswa di berbagai kampus Jepang per 1 April 2015.

Beasiswa Pascasarjana di Kampus Jepang
HISF akan memberikan 15-20 beasiswa S-2 dan S-3 lintas jurusan. Periode beasiswa akan disesuaikan dengan masa studi paling singkat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi.

Jika terpilih sebagai penerima beasiswa, Anda bisa memilih besaran beasiswa yang akan diambil. Pilihan itu adalah 200 ribu yen per bulan atau sekira Rp22,5 juta (Rp112,9 per yen) untuk satu hingga dua tahun, 180 ribu yen (Rp20,3 juta) per bulan untuk tiga tahun dan 150 ribu yen (Rp16,9 juta) per bulan untuk empat hingga lima tahun.

Untuk melamar beasiswa ini, Anda harus sudah terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana di perguruan tinggi Jepang dengan prestasi akademik baik. Hal ini dibuktikan dengan surat penerimaan dari kampus. Pelamar jenjang S-2 harus lahir setelah 31 Maret 1984. Sedangkan pelamar jenjang S-3 harus lahir setelah 31 Maret 1979.

Selain itu, pelamar harus dipertimbangkan sebagai kandidat yang membutuhkan bantuan finansial. Mereka juga harus memiliki jaminan pekerjaan di negara asal setelah lulus dari pendidikan pascasarjana.

Kemampuan berbahasa Jepang dengan baik juga menjadi syarat pendaftaran. Sebab, wawancara untuk beasiswa akan dilaksanakan dalam bahasa Jepang.

Proses pendaftaran diawali dengan mengisi formulir di HISF. Kemudian, kirimkan formulir tersebut beserta dokumen pendukung melalui email ke Kantor Administrasi HISF.

Berkas yang harus disiapkan adalah:
1. Formulir pendaftaran beasiswa, pastikan Anda menempelkan foto sesuai yang diinstruksikan;
2. Resume;
3. Formulir data personal;
4. Transkrip akademik dari jenjang pendidikan formal terakhir dan pendidikan lain yang pernah diambil (dalam bahasa Jepang atau Inggris);
5. Proposal riset dalam bahasa Jepang. Proposal ini berisi empat poin utama: outline riset, proyeksi rencana selama masa studi hingga lulus, rencana dan tujuan untuk masa depan serta daftar penelitian yang sudah dilaksanakan (jika ada). Tidak ada batasan halaman;
6. Satu surat rekomendasi dari profesor (dalam bahasa Jepang atau Inggris);
7. Sertifikat penerimaan dari universitas tujuan (dalam bahasa Jepang atau Inggris);

Pendaftaran ditutup pada 30 November 2014. Informasi lengkap bisa disimak di laman Honjo International Scholarship Foundation.

Related Posts