Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau Dengan Kapal Ro-Ro

shares |

Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau Dengan Kapal Ro-Ro :: Jika anda hendak mengirimkan mobil ke luar pulau dan sedang mencari jasa pengiriman mobil yang tepat, mungkin jasa Kapal Ro-Ro bisa menjadi bahan pertimbangan yang baik sebagai alat pengangkutan pengiriman mobil anda. Saat sekarang ini semua perusahaan jasa pengiriman mobil telah menggunakan Kapal Ro-Ro sebagai salah satu moda transportasinya.
Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau Dengan Kapal Ro-Ro

Kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa memuat mobil masuk kedalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga sehingga disebut sebagai kapal roll on - roll off disingkat Ro-Ro, untuk itu kapal dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga. Sebagian masyarakat Indonesia menyebut Kapal Ro-Ro dengan sebutan kapal putih karena kapal Ro-Ro merupakan kapal PELNI yang biasanya berwarna putih.

Keuntungan Pengiriman Mobil Antar Pulau Menggunakan Kapal Ro-Ro

Salah satu keuntungan utama dari kirim mobil menggunakan layanan Kapal Ro-Ro adalah biayanya yang lebih murah dan ekonomis bila dibandingkan kirim mobil menggunakan layanan kontainer, di samping itu juga mengirim mobil menggunakan Kapal Ro-Ro lebih cepat dibandingkan kapal kontainer. Karena kalau menggunakan kontainer harus bongkar muat dipelabuhan sehingga waktunya lebih lama, sedangkan Kapal Ro-Ro hanya tinggal memarkirkan mobil di dalam Kapal, tetapi untuk masalah keamanan memang lebih aman menggunakan layanan kontainer. Pada saat ini pengiriman mobil menggunakan Kapal Ro-Ro lebih banyak dipilih oleh pelanggan.

Untuk masalah keamanan, pengiriman mobil menggunakan kontainer memang lebih aman dibanding menggunakan Kapal Ro-Ro tetapi bukan berarti pengiriman mobil menggunakan Kapal Ro-Ro tidak aman. Di dalam Kapal Ro-Ro mobil diparkir di dalam ruangan yang menyerupai garasi yang besar dan luas, mobil diparkir secara rapi dan tiap-tiap mobil diamankan dengan pemberat dan blok roda yang dirancang untuk mencegah mobil bergerak ketika dalam perjalanan.

Perhitungan Harga Biaya Pengiriman Mobil Antar Pulau Menggunakan Kapal Ro-Ro

Harga pengiriman mobil antar pulau menggunakan Kapal Ro-Ro bervariasi menyesuaikan dengan volume dan berat mobil, perusahaan jasa pengiriman profesional biasanya menggunakan sebuah metrik yang dikenal sebagai Lanes in Meters (LIMS) untuk menghitung biaya pengiriman mobil. Dengan metode ini, biaya didasarkan pada total ruang yang ditempati oleh kendaraan yang diukur sesuai dengan panjang dan lebar mobil atau Lanes in Meters yang ditempati mobil. Sebagai contoh, biaya pengiriman sebuah mobil Hummer akan lebih mahal daripada biaya pengiriman untuk sebuah mobil sedan.

Pada umumnya di Indonesia Kapal Ro-Ro yang besar dapat mengangkut antara 200 sampai 300 mobil pada satu waktu, Sedangkan di Internasional ada Kapal yang dirancang untuk mengangkut lebih dari 1.000 mobil. Beberapa perusahaan pelayaran menggabungkan pengiriman metode Ro-Ro dengan pengiriman kontainer untuk mengoptimalkan muatan mereka.

Pengiriman Mobil Ke Pelabuhan Untuk Diangkut Kapal Ro-Ro

Setiap perusahaan jasa pengiriman mobil akan menawarkan pilihan cara pengiriman mobil ke pelabuhan kepada pelanggan yang memilih menggunakan moda transportasi Kapal Ro-Ro. Ada dua pilihan cara pengiriman mobil ke pelabuhan yaitu, mobil dikemudikan ke pelabuhan atau diangkut menggunakan truck carrier. Sebenarnya hal itu hanya menyesuaikan jarak rumah ke pelabuhan pelabuhan, jika jarak rumah pelanggan relatif dekat dengan pelabuhan mobil bisa dikirim dengan dikemudikan, sedangkan jika jarak ke pelabuhan cukup jauh sebaiknya kirim mobil diangkut menggunakan truck carrier.

Hal-Hal Penting Saat Pengiriman Mobil Antar Pulau Dengan Kapal Ro-Ro

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat ketika menggunakan Kapal Ro-Ro untuk pengiriman mobil antar pulau :

Tinggalkanlah bahan bakar yang cukup di mobil anda tetapi tidak penuh, rekomendasi hanya seperempat tangki. Mengingat mobil akan dikendarai/dikemudikan pada saat masuk atau keluar kapal.
Jangan meninggalkan barang apapun di dalam bagasi mobil anda karena kebanyakan perusahaan pengiriman mobil tidak mengijinkan.

Related Posts