Seluk Beluk Pengiriman Mobil Luar Kota / Pulau

shares |

Seluk Beluk Pengiriman Mobil Luar Kota / PulauBagi kebanyakan orang, mengirimkan mobil ke suatu tempat berarti mengemudikan mobil tersebut ke tempat yang dituju tersebut. Tapi bagaimana jika jarak yang harus dilalui untuk mengirimkan mobil tersebut sangat jauh dan bahkan menyeberang laut, apalagi jika mobil yang dikirim itu adalah mobil baru, mobil mewah atau mobil klasik yang harganya mahal.

Tentunya anda akan menjawab bahwa pengiriman mobil harus dengan diangkut oleh kendaraan pengangkut dalam arti menyewa jasa profesional pengangkutan pengiriman mobil. Berikut ini penjelasan bagaimana proses pengiriman mobil berlangsung.

Proses Pertama: Menemukan Daftar Perusahaan Penyedia Jasa Pengiriman Mobil

Bagi anda yang belum pernah kirim mobil menyewa jasa pengiriman mobil bisa agak membingungkan dan mengkhawatirkan, tapi di tangan profesional yang tepat hal itu dapat menjadi proses cepat, aman, dan menyenangkan. Untuk mengawali proses, langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah menemukan perusahaan jasa pengiriman mobil yang berkualitas baik, berlisensi, berasuransi dan memiliki spesialisasi pengiriman mobil.

Untuk menemukan perusahaan penyedia jasa pengiriman mobil yang berkualitas bisa anda ketahui dari pengalaman dan mempunyai track record yang bagus. Untuk menemukan daftar perusahaan penyedia jasa pengiriman mobil anda bisa mencari di internet melalui search engine dengan mengetikkan kata kunci kirim mobil, pengiriman mobil, jasa pengiriman mobil terpercaya, dsb. Atau menemukannya melalui yellow pages, iklan di koran, dsb.

Proses Kedua: Menentukan Jenis Transportasi Pengiriman Mobil

Sebelumnya yang perlu anda ketahui adalah jenis-jenis transportasi yang akan ditawarkan untuk pengiriman mobil. Umumnya jenis transportasi yang digunakan oleh perusahaan penyedia jasa kirim mobil antara lain: truk container (pengangkutan tertutup), truk towing/car carrier truck (pengangkutan terbuka) dan kapal Ro Ro atau kombinasi keduanya (truk towing dan kapal Ro Ro). Pilihlah jenis transportasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda, jenis transportasi akan ditentukan oleh jenis mobil dan lamanya waktu pengiriman.

Selain itu ketahui jenis pelayanan yang mereka tawarkan, ada beberapa jenis pelayanan yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan jasa pengiriman mobil antara lain; door to door, port to door, dan port to port. Anda bisa menentukan apakah mobil langsung dikirim ke rumah atau anda yang akan mengambil sendiri ke tempat kantor cabangnya.

Jika anda menginginkan pengiriman mobil langsung ke rumah, koordinasikan kepada mereka mengenai kondisi jalanan menuju ke rumah, apakah bisa dilewati oleh truck pengangkut atau tidak. Sehingga perusahaan dapat menentukan apakah pengiriman mobil ke rumah menggunakan truck atau mobil dibongkar dahulu di kantor cabang kemudian dikemudikan oleh sopir menuju rumah anda.


Setelah daftar perusahaan penyedia jasa pengiriman mobil yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan sudah di tangan anda, kini saat memilih jasa pengiriman mobil yang terbaik diantara perusahaan-perusahaan itu. Hal-hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan antara lain; yang pertama harga, bandingkan harga-harga yang mereka tawarkan, jangan terjebak untuk memilih jasa pengiriman mobil yang paling murah tapi ternyata tidak bisa bertanggung jawab ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang kedua adalah asuransi yang mereka punya, tanyakanlah kepada penyedia jasa pengiriman mobil sejauh mana mereka melindungi mobil anda dan dengan perusahaan asuransi apa mereka melakukan kontrak kerjasama. Dan yang ketiga track record, ketahuilah bagaimana pendapat para pelanggan yang pernah memakai jasa mereka.

Bacalah secara seksama perjanjian kontrak mereka sebelum Anda memutuskan untuk setuju memakai jasa mereka. Yang tidak kalah penting periksalah rekening untuk pembayaran, apakah menggunakan atas nama perusahaan. Kalau menggunakan rekening atas nama perorangan lebih baik anda batalkan dan mencari perusahaan yang lain.

Proses Keempat: Persiapan Pengiriman Mobil

Setelah Anda memilih perusahaan penyedia jasa pengiriman mobil, Anda perlu mempersiapkan mobil Anda untuk proses pengiriman mobil. Sebagian besar perusahaan akan memeriksa mobil Anda untuk mengecek kondisi mobil dan kerusakan-kerusakan yang ada sebelum mereka mengangkutnya. Mereka kemudian akan membahas keadaan mobil pada saat itu dengan Anda (Anda perlu hadir untuk ini), dan Anda akan menandatangani perjanjian yang menyatakan bahwa pemeriksaan telah dilakukan secara akurat.

Hal ini dilakukan agar anda bisa mengajukan klaim jika terjadi kerusakan setelah proses pengiriman mobil. Anda harus mencuci mobil Anda sebelum mereka melakukan cek sehingga mereka dapat melihat persis seperti apa kondisinya. Sebaiknya anda juga mendokumentasikan (foto) mobil anda pada saat itu. Anda juga harus berbicara kepada perusahaan tentang kondisi khusus mobil anda sebelum mereka mengambil mobil Anda.

Tips Umum Persiapan Pengiriman Mobil

  • Mengosongkan semua harta pribadi Anda, dokumen, dll, termasuk yang Anda simpan di bagasi. Perusahaan mengasuransikan terhadap kerusakan atau kehilangan barang pribadi.
  • Periksa semua cairan dalam mesin, dan periksa apakah accu aman di tempatnya (tidak goyang).
  • Pastikan isi tangki bahan bakar sekitar 1/4. Penambahan berat mobil akan menambah biaya kirim mobil.
  • Lepaslah part asesoris mobil atau kalau tidak pastikan aman.
  • Matikan semua sistem alarm, dan pastikan bahwa pengemudi memiliki kunci untuk memindahkan mobil saat diperlukan.

Related Posts