Formasi CPNS, Bontang Dijatah 146 Orang

shares |

Formasi CPNS, Bontang Dijatah 146 Orang
Formasi CPNS, Bontang Dijatah 146 Orang - Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2014 diprediksi bakal ketat. Sebab, Pemkot Bontang hanya mendapat kuota 146 orang dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Formasi tersebut lebih didominasi oleh tenaga teknis.

Ya, dari 341 formasi yang diusulkan Pemkot Bontang dengan hasil Anailis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK), Kemen PAN-RB akhirnya hanya menyetujui peluang untuk 146 orang menjadi abdi negara. Formasi ini difokuskan untuk mengisi sejumlah posisi yang dibutuhkan Pemkot Bontang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bontang Siti Ngaisah mengungkapkan telah memperoleh informasi soal penerimaan CPNS tahun ini. Informasi dari Kemen PAN-RB, skala prioritas untuk penerimaan CPNS yang diajukan akan segera ditetapkan.
BKD Bontang

Anda dapat menghubungi kontak di bawah

Alamat : Jl. Bessai Berinta
Grha Taman Praja Blok III Lantai Dasar
Bontang – Kalimantan Timur
Postcode/Zip
Tel : 0548 - 20349
Fax : 0548 - 20349
Email : bkd@bontangkota.go.id
Untuk informasi CPNS tahun ini, BKD sudah siap dengan kuota yang diberikan. Namun yang masih dalam pembahasan adalah soal nama jabatan pada formasi yang akan dikirim kembali ke Kemen PAN-RB. Hal tersebut, ujarnya, masih harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkot Bontang "Jadi sementara ini baru jumlah kuota yang kami terima" kata Ngaisah.

Meskipun sudah menyusun formasi yang diajukan untuk diterima, Ngaisah mengaku belum bisa memastikan rinciannya. Menurutnya, formasi CPNS tersebut baru laik dipublikasikan kalau sudah clear dari Kemen PAN-RB.

Menurut informasi yang diterima Bontang Post, pendaftaran secara online akan dibuka pada Agustus mendatang. Sementara tes untuk para peserta akan dilakukan pada September. Informasi diamini oleh Ngaisah. Menurutnya, semua aplikasi dan tata cara pelaksanaan rekrutmen CPNS dilakukan secara terpusat. "Kalau teknis jumlah serta rincian formasi kami masih menunggu dari pusat. Kapan pelaksanaan tesnya juga belum tahu. Intinya kami siap melakukan proses penerimaan CPNS tahun ini" jelasnya.

Semantara itu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seleksi penerimaan CPNS tahun ini akan menggunakan Computer Assites Test (CAT). Metode ini disebut-sebut transparan dan bisa meminimalisir kecurangan.

Kata Ngaisah, CAT diterapkan untuk mengganti cara lama dengan menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). "Metode ini dirasa dapat memininalisir kecurangan saat penerimaan CPNS. selain itu hasilnya lebih cepat dan transparan, hanya beberapa jam hasilnya sudah dilihat" jelasnya.

Ngaisah menambahkan, pendaftaran dan mekanisme seleksi nantinya dikeluarkan oleh Kemen PAN-RB. Termasuk formasi yang dibuka.

Ngaisah menghimbau, para peserta hendaknya aktif mencari informasi. Sebab semua pengumuman CPNS akan dilakukan melalui website. Meski begitu, kapan waktu penyelenggaraannya akan diinformasikan lagi oleh BKD. "Nantinya ada syarat-syarat lain bakal diinfokan lagi. Yang jelas, masyarakat harus aktif mengakses internet agar informasinya jelas bisa membuka situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), yakni sscn.bkn.go.id," jelasnya. (sumber : Bontang Post, Kamis 17 Juli 2014)

Related Posts