Berdoa di Twitter adan Facebook, Boleh atau Tidak ?

shares |

Berdoa di Twitter adan Facebook
Berdoa di Twitter adan Facebook, Boleh atau Tidak ? - Mungkin itulah pertanyaan dalam benak kita, salah satu sarana yang berada di internet yang cukup bombastis adalah situs jejaring sosial. Melalui jejaring sosial pengguna internet bisa berinteraksi dengan orang lain dari belahan dunia lain. Diantara banyaknya jejaring sosial, beberapa cukup banyak menarik pengguna. Yaitu Twitter, Facebook, Skype, YMail, dan lain sebagainya.

Dari jejaring diatas, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif yang cukup banyak. Termasuk saya. Saya aktif menggunakan Facebook sejak 20009 silam. Saat itu saya masih duduk dikelas dua SMA. MenggunakanFacebook membuat penggunanya semakin cerdas. Karena dijadikan sebagai tempat untuk berdiskusi, berbagai pengalaman atau sekedar menambah teman dan menjalin relasi.

Diantara pengguna Facebook tidak semuanya serius. Ada yang hanya untuk main-main, keisengan dan tujuan lainnya. Dari semua status yang dituliskan, yang cukup menarik adalah status “berdoa”.

Setiap doa pada dasarnya baik. Ketika doa dituliskan dalam sebuah forum dengan harapan orang lain akan melihat dan ikut mendoakannya. Jika kemudian orang bersimpati akan memberikan komentar yang baik.
Tidak diketahui secara pasti mengapa seseorang berdoa melalui statusFacebooknya. Bisa jadi ada yang benar-benar tulus berdoa, ada yang hanya berdoa di Facebook hanya sebagai ajang untuk mencari eksistensi diri. Atau berdoa hanya agar orang lain merasa simpati dengan dirinya. Lalu berharap temannya di Facebook menyapa dan menanyakan keadaannya hanya untuk mengilangi rasa kesepian yang sedang di alaminya.

Ini adalah beberapa contoh pengguna Facebook yang berdoa melaluiFacebook.

“Semakin kesini kok makin bimbang yah, ya Allah mantapkanlah pilihanku,” kata status seorang teman.

Ada pula yang seperti ini, “Ya tuhan jika dia jodohku maka dekatkanlah”.

Beberapa waktu lalu, saya sempat melemparkan persoalan berdoa diFacebook kepada teman-teman di Facebook. 

Dan inilah komentar meraka. “Berdoa kan mustinya dalam hati cukup, gausah dibeberin di fb... Kecuali maksud mereka ingin pamer bahwa mereka itu alim... haha”
“Ya baguslah selama doa itu baik untuk kemanusiaan ....Nggak ada doa yang jelek..”
“Biarkanlah orang mau berdo'a dmna aja, toh gak ada larangan untuk berdo'a d fesbuk”
“Kurang bagus, serasa lucu ya. Bukannya solat ibadah, malah buka facebook, emang allah punya facebook ya?”
“Ya bagus sekali itu....kita yg bacanya jadi sperti ikutan berdoa dan mendoakan supaya dikabulkan yang maha kuasa...bukankah dlm islam kita hrs saling menasihati & mendoakan.....???”

Dalam Surat Al A'raaf ayat 55, Allah menjelaskan tentang berdoa. Semoga ini bisa menjadi manfaat kepada siapa saja yang membaca. Dan ini kutipan surat QS Al A'raaf ayat 55.
“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”.

Penulis : Ahmad Djaelani – Mahasiswa FISIP Universitas Islam 45 Bekasi (republika.co.id)

Related Posts