Perbedaan Idul Adha di Indonesia dengan Arab Saudi

shares |

Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha pada Minggu 5 Oktober 2014. Maka Pemerintah Arab Saudi mengumumkan Idul Adha pada 4 Oktober.  Pemerintah Arab Saudi pada Rabu malam mengumumkan bahwa 1 Zulhijah 1435 H, jatuh pada 25 September 2014. Karenanya, wukuf dilaksanakan pada 3 Oktober 2014 dan Idul Adha pada 4 Oktober 2014.  Perbedaan penempatan Pemerintah Indonesia berdasarkan Kalender Ummul Qura, dalam situs resminya tertulis tanggal 1 Zulhijah, bertepatan dengan tanggal 25 September 2014.  Mahkamah Ulya Arab Saudi menetapkan, berdasarkan laporan terlihatnya hilal di Arab Saudi sehingga Idul Adha (10 Zulhijjah) jatuh pada tanggal 4 Oktober 2014.  Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhtar Ali, Perbedaan penetapan Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi adalah sesuatu yang biasa terjadi dikarenakan perbedaan matla (wilayatul hukmi).  Muhtar mengimbau seluruh masyarakat Indonesia terkait perbedaan ini, untuk tetap memegang teguh ukhuwah Islamiyah dan menjunjung tinggi toleransi beragama.  "Tetap saling menghormati keyakinan sehingga kekhusukan ibadah di bulan Zulhijah tetap terjaga," ujarnya di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis 2 Oktober 2014.
Perbedaan Idul Adha di Indonesia dengan Arab Saudi - Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha pada Minggu 5 Oktober 2014. Maka Pemerintah Arab Saudi mengumumkan Idul Adha pada 4 Oktober.

Pemerintah Arab Saudi pada Rabu malam mengumumkan bahwa 1 Zulhijah 1435 H, jatuh pada 25 September 2014. Karenanya, wukuf dilaksanakan pada 3 Oktober 2014 dan Idul Adha pada 4 Oktober 2014.

Perbedaan penempatan Pemerintah Indonesia berdasarkan Kalender Ummul Qura, dalam situs resminya tertulis tanggal 1 Zulhijah, bertepatan dengan tanggal 25 September 2014.

Mahkamah Ulya Arab Saudi menetapkan, berdasarkan laporan terlihatnya hilal di Arab Saudi sehingga Idul Adha (10 Zulhijjah) jatuh pada tanggal 4 Oktober 2014.

Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhtar Ali, Perbedaan penetapan Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi adalah sesuatu yang biasa terjadi dikarenakan perbedaan matla (wilayatul hukmi).

Muhtar mengimbau seluruh masyarakat Indonesia terkait perbedaan ini, untuk tetap memegang teguh ukhuwah Islamiyah dan menjunjung tinggi toleransi beragama.

"Tetap saling menghormati keyakinan sehingga kekhusukan ibadah di bulan Zulhijah tetap terjaga," ujarnya di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis 2 Oktober 2014.

Related Posts