Pengangkatan Prasetyo Pancing Jaksa Main Politik

shares |

Pengangkatan Prasetyo Pancing Jaksa Main Politik
Pengangkatan Prasetyo Pancing Jaksa Main Politik - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Aboebakar Alhabsy mengkritisi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Prasetyo sebagai Jaksa Agung. Sebab, Prasetyo merupakan politikus partisan Partai Nasdem yang dikhawatirkan akan cenderung mencari afiliasi politik.

"Saya rasa ini adalah persoalan serius, pengangkatan Jaksa Agung yang berlatar belakang politik akan menjadi preseden tidak baik. Para jaksa akan cenderung mencari afiliasi politik tertentu," kata Aboebakar, Sabtu (22/11).

Menurutnya, pola pengangkatan Jaksa Agung yang menyeret politik akan mematikan jaksa karir. Sebab, para jaksa yang masih aktif tak akan lagi bercita-cita jadi Jaksa Agung. "Karena jaksa agung kerap diambil dari pensiunan," kata dia.

Oleh karenanya Aboebakar mengatakan, bila para jaksa yang bercita-cita menjadi Jaksa Agung harus memiliki afiliasi politik, maka imbasnya adalah pada perkembangan kejaksaan. "Utamanya pada persoalan kualitas independensi lembaga ini," jelasnya.(-jpnn-)

Related Posts