Rabu, 19 November 2014

Proses Wanita Melahirkan Dalam Air [ Foto By Jackie Dives ]

Proses Wanita Melahirkan Dalam Air [ Foto ] - Waterbirth atau melahirkan di dalam air belakangan banyak diminati ibu karena lebih natural dan dapat mengurangi rasa sakit. Meskipun metode ini di Indonesia belum ada standarnya, tidak sedikit ibu hamil yang tertarik. Seperti apa sebenarnya metode melahirkan di dalam air?


Foto 1
Foto ini merupakan karya dari seorang fotografer asal Vancouver, Kanada, Jackie Dives. Dia mencoba memperlihatkan keindahan homebirth atau melahirkan di rumah dengan metode waterbirth. Jackie sudah tiga tahun ini berlatih sebagai seorang doula, yang membantu ibu melahirkan.

Foto 2
"Proses melahirkan seringkali digambarkan menyeramkan dan mengerikan untuk wanita. Sebagai seorang doula dan fotografer khusus melahirkan, aku menjadi saksi keindahan proses melahirkan ini dan menurutku ini harus dibagi ke orang lain agar pengalaman ini lebih mudah dipahami," ujarnya dalam wawancara dengan MailOnline.


Foto 3
Melalui situsnya Jackie Dives, wanita 29 tahun ini mempublikasikan salah satu proses melahirkan yang didokumentasikannya. Wanita yang tengah menjalani proses waterbirth di foto ini adalah seorang fotografer pernikahan Julia Marincat. Proses dimulai dari Julia merilekskan diri dengan bermain piano hingga masuk ke dalam kolam, sementara suaminya, Cris membantunya mengatur pernapasan.

Foto 4
"Memotret proses melahirkan di rumah biasanya sangat tenang dan nyaman. Dalam proses ini, pasangan telah memilih apa yang mereka mau lakukan, sehingga mereka bisa menjadi dirinya sendiri, yang menurutku ini bagian penting dalam proses melahirkan, terutama untuk si ibu," ujar Jackie lagi.


Foto 5
Saat proses melahirkan berlangsung, ibu tidak hanya dibantu oleh suami. Menurut Jackie, semua anggota keluarga bisa ikut terlibat. Dalam foto ini Julia tampak dibantu oleh saudara perempuannya untuk mengatur pernapasan.

Foto 6
"Menyaksikan seorang makhluk hidup lahir ke dunai sangat spesial untukku dan diminta untuk mendokumentasikan momen tersebut, menjadi sebuah pengalaman fotografi paling luar biasa. Biasanya ketika aku memotret proses melahirkan aku menjadi sangat terlibat. Itu sebuah pengalaman pribadi yang aku sukai," ujar Jackie. Seperti foto yang ditampilkannya ini, si ibu tampak menangis bahagia dan si ayah ikut bahagia.


Foto 7
Setelah sekian lama menjadi fotografer melahirkan, Jackie semakin tertarik dengan proses lahirnya bayi ke dunia tersebut. Dia pun memutuskan menjadi seorang doula. Sebagai seorang doula, dia membantu dan mendampingi pasangan suami-istri sebelum, saat dan setelah proses melahirkan dengan menyediakan berbagai informasi, memberikan bantuan fisik dan emosional.


Foto 8
Menurut Jackie, sampai saat ini banyak wanita yang belum paham kalau mereka bisa memilih sendiri proses melahirkan bayinya. Wanita tidak tahu kalau mereka bisa punya pilihan melahirkan di rumah, karena memang proses ini tidak pernah diinformasikan secara luas. "Aku berharap dengan foto-fotoku akan membuka pintu para wanita yang mungkin tidak tahu apa pilihan mereka," ucap Jackie.


Foto 9
Jackie sangat bahagia ketika bisa menghasilkan foto yang bagus sehingga menggugah hati orang yang melihatnya. "Mungkin ini akan mendorong orang yang penasaran dengan proses melahirkan ini, sehingga mereka mencari tahu," katanya.

Video Proses Wanita Melahirkan Dalam Air

Previous
Next Post »

Post Comment

 
loading...