Fakta Unik Tentang Kentut Manusia

shares |

Fakta Unik Tentang Kentut Manusia
Fakta Unik Tentang Kentut Manusia - Setiap orang pasti kentut. Kentut sebenarnya bertujuan untuk mengeluarkan gas-gas beracun sisa pencernaan. Tak heran jika kentut memiliki bau yang terkadang busuk. Meski kerap dilakukan setiap hari, namun ada beberapa fakta unik lainnya yang juga harus diketahui tentang kentut.

Dari mana asal kentut?
Kentut berasal dari dalam usus. Udara ini bisa berasal dari banyak sumber misalnya, udara yang masuk ke tubuh, gas dari bakteri dalam tubuh, gas dari hasil reaksi kimia di usus dan banyak lainnya.

Bahan penyusun kentut
Komposisi kentut masing-masing orang berbeda. Namun sebagian besar, kentut ini bisa berasal dari apa yang kita makan, udara yang ditelan, jenis bakteri dalam usus dan berapa lama gas tersebut di dalam perut.

Semakin lama gas ada di dalam perut maka semakin banyak proporsi nitrogen di dalamnya. Dr. James LA Roth, penulis Gastrointestinal Gas, dua per tiga orang dewasa, kentutnya tidak mengandung metana.

Penyebab kentut berbau busuk
Bau dari kentut berasal dari gas hidrogen sulfida, merkaptan dan campuran keduanya. Senyawa ini mengandung sulfur yang berbau. Senyawa nitrogen juga akan menambah parah bau kentut. Semakin diet Anda kaya akan makanan mengandung sulfur, misalnya kembang kol, telur dan daging maka kentut Anda semakin bau.

Asal bunyi kentut
Suara kentut dihasilkan oleh getaran akibat pembukaan di anus. Timbulnya suara tergantung pada kecepatan lewatnya has dan ketatnya otot sphincter pada anus.

Pria lebih sering kentut daripada perempuan?
Tidak, tidak ada pengaruh jenis kelamin pada jumlah rata-rata kentut per harinya. "Rata-rata orang kentut sekitar 20 kali sehari," kata Matthew Bechtold, seorang direktur endoskopi di University of Missouri.

Bau kentut rata-rata sama
Bechtold mengatakan bahwa pada dasarnya kentut orang lain tidak terlalu busuk jika dibandingkan dengan Anda. Masalah yang mendasar, bau kentut orang lain tercium lebih busuk karena Anda tidak siap untuk mencium bau tersebut. Ketika Anda akan kentut, secara tak sadar Anda mempersiapkan hidung untuk mencium bau busuk. Namun, ketika orang lain yang kentut, tubuh tidak siap menerimanya sehingga baunya tercium sangat busuk. Namun tentunya, tingkat bau kentut seseorang juga dipengaruhi oleh diet dan bakteri dalam tubuhnya.

Kentut bisa terbakar
Kentut bisa terbakar karena di dalamnya mengandung gas metana dan hidrogen. Keduanya merupakan gas yang mudah terbakar. Kentut akan terbakar dengan nyala api yang berwarna biru atau kuning. Menurut Dr James LA Roth, nyala api biru mengindikasikan adanya kandungan gas metana.

Related Posts