Apple Sedang Membangun Mobil Listrik, Google Tak Mau Kalah

shares |

Apple Sedang Membangun Mobil Listrik, Google Tak Mau Kalah - Apple dikabarkan sedang membangun mobil listrik versi mereka yang diberi nama Titan. Tak hanya itu, mobil listrik tersebut juga dikabarkan memiliki kemampuan berjalan sendiri (self-driving).

Menurut sumber dalam yang tidak mau disebut namanya kepada The Wall Street Journal, Sabtu (14/2/2015), proyek mobil pintar Apple tersebut dikembangkan untuk bersaing dengan proyek mobil otomatis lainnya, seperti yang dilakukan Google.

Dikutip KompasTekno, proyek Apple tersebut lebih condong ke pengembangan software yang akan digunakan, alih-alih membangun mobilnya sendiri. "Seperti software game, semua tentang berkendara otomatis," ujar sumber dalam Apple tersebut.

Dengan kata lain, Apple lebih ingin memiliki sistem operasi dan antarmuka yang dimiliki oleh mobil otomatis tersebut. Apple disebut lebih memposisikan dirinya untuk mengontrol platform yang akan diusung mobil-mobil otonomos yang akan beredar di masa mendatang.

Pendekatan lain

Pesaing Apple, Google memiliki pendekatan lain dalam hal mobil pintar. Google membawa platform Android-nya ke dalam kabin-kabin mobil di masa depan.

Android di mobil yang informasinya diperoleh dari sejumlah sumber ini disebut merupakan pengembangan lebih lanjut dari software Android Auto yang tersedia dalam versi terkini dari OS Android.

Dengan Android Auto, pengguna bisa melakukan hal-hal seperti musik streaming dan membuka peta atau aplikasi, tetapi smartphone masih harus dihubungkan dengan mobil. Begitu juga dengan pesaing Android Auto, CarPlay dari Apple, yang mensyaratkan ponsel terhubung dengan kendaraan.

Dengan mengintegrasikan Android langsung ke dalam sistem mobil, pengendara bisa mengakses aneka layanan Google tanpa perlu bergantung pada smartphone yang bisa saja kehabisan baterai.

Google pun bisa menjadikan Android sebagai standar untuk sistem navigasi dan hiburan kendaraan, sekaligus memperkuat posisinya di ranah otomotif dalam persaingan melawan Apple.

Related Posts