Inilah Iklan Malaysia Lecehkan TKW Indonesia

shares |

Inilah Iklan Malaysia Lecehkan TKW Indonesia - Masyarakat Indonesia kembali dibikin marah oleh sebuah iklan X banner dari perusahaan di Malaysia. Pasalnya pada tag line yang terpampang di X banner tersebut berbunyi Fire Your Indonesian Maid yang artinya Pecat pembantu Indonesia Anda sekarang juga!.

Iklan tersebut mengarahkan konsumen untuk membeli sebuah produk robot multi fungsi, yang bisa membersihkan lantai dari perangkat vacuum cleaner otomatis dan juga dapat membersihkan kolam renang dari kotoran. Jadi tak perlu lagi menggunakan tenaga pembantu rumah tangga untuk membereskannya. Semua sudah serba otomatis.

Namun demikan kata-kata tersebut jelas bernada pelecehan terhadap TKW dan Bangsa Indonesia. Foto iklan produk tersebut sekarang beradar luas di jejaringan sosial. Tak lama kemudian foto tersebut menuai tanggapan keras yang bernada protes.

Bahkan ada netizen yang menggalang dukungan untuk ramai-ramai menolak produk bikinan Amerika unjuk di jual di pasar Indonesia. Protes tak hanya datang dari netizen, Charles Honoris Ketua Komisi I DPR RI juga turut beraksi keras. Menurutnya iklan tersebut menghina martabat Indonesia. Manusia direndahkan oleh sebuah robot produksi lokal.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia seyogyanya harus cepat merespon iklan rasialist tersebut. Tak hanya cukup melayangkan surat protes saja. Harus disertai langkah hukum. Agar martabat bangsa Indonesia tidak dilecehkan lagi.

Sejauh ini pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Luar Negeri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait iklan IRobot tersebut yang beradar di Malaysia. Jika ada desakan dari publik dalam negeri, bukan tak mungkin pemerintah RI mengajukan gugatan hukum kepada vendor tersebut terkait iklan pelecehan tersebut.

Sebenarnya IRobot adalah produk bikinan Amerika Serikat,yang berpusat di Bredfort. Produsen tersebut punya beberapa agen pemasaran di Asia Tenggara, seperti Singapura, dan Malaysia. Namun belum masuk ke pasar Indonesia.

Related Posts