Marwan Jafar Mentri Paling Populer Di Twitter

shares |

Evello, perusahaan penyedia layanan digital monitoring yang aktif memantau isu-isu sosial, politik, ekonomi dan kemasyarakatan di Indonesia, membuat peringkat terhadap menteri yang paling populer.

Nah, berdasarkan pemantauan platform media monitoring yang dilakukan pada 7- 13 Februari 2015, tebak siapa menteri yang paling sering dibicarakan di twitter.

Dia adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar. Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menempati posisi teratas sebagai menteri paling populer di media sosial twitter dibanding 33 menteri Kabinet Kerja Pemerintah Presiden Joko Widodo.

“Popularitas Marwan melewati Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang biasanya berada di posisi pertama. Ini peningkatan yang sangat signifikan dibanding periode sama bulan Januari di mana Marwan Jafar berada di peringkat 16,” ujar CEO Evello, Dudy Rudianto, Senin (16/2).

Menurut Dudy, total mention twitter Marwan mencapai 3.843. Disusul Susi 2.962 dan Menteri Perindustrian Saleh Husin di posisi ketiga dengan mention sebanyak 1.270.

“Pada periode 7-13 Februari 2015, berdasarkan pantauan Evello, isu tentang desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi mendapat sorotan luas di publik, sehingga menjadi pendorong pembicaraan tentang Marwan Jafar,” ujarnya.

Dudy mengakui pada hasil pemantauan selama tiga pekan terakhir, ‘persaingan’ antara Marwan dengan Susi cukup ketat. Pada minggu ke empat Januari, misalnya, Marwan di peringkat teratas. Namun, pada minggu pertama Februari, Susi berada teratas dan Marwan posisi ke delapan.

"Pembicaraan tentang pembangunan desa, dana desa serta infrastruktur menjadi sentimen positif yang mengangkat popularitas Marwan Jafar,” ujarnya.

Sementara itu untuk pantauan pemberitaan media online, Menteri Susi masih berada di posisi teratas. Posisi ke dua ditempati Menteri Saleh Husin, dan ketiga Marwan Jafar.

“Menteri Susi marak dengan pemberitaan soal pembakaran kapal asing, sedangkan Menteri Saleh soal Mobil Nasional Proton. Tapi yang patut dicermati, kenaikan signifikan pemberitaan Menteri Marwan. Dari posisi 28 dari 33 menteri pada November 2014, terus naik setiap pekannya. Pada pekan lalu berada di posisi 10, sekarang langsung melompat di posisi ke tiga. Hal ini menunjukkan keberhasilan Marwan Jafar dalam menyosialisasikan program kerjanya, khususnya tentang desa,” ujar Dudy.

Dalam melakukan pemantauan dan analisisnya, Evello kata Dudy, menggunakan teknologi Intelligent. Di mana sumber datanya berasal dari media online dan sosial media populer di Indonesia.

Related Posts