Waspadalah Gejala Asam Urat Gout Ini

shares |

Berapakah kadar asam urat Anda sekarang? Anda tidak akan bisa menjawab pertanyaan itu secara valid sebelum melakukan cek kadar asam urat ke laboratorium.

Itulah yang menyulitkan masyarakat untuk melakukan penanganan asam urat sejak dini. Kebanyakan orang baru sadar setelah penyakit asam uratnya sangat parah.

Gejala asam urat Gout merupakan produk pemecahan metabolisme nukleotida purin dari makanan yang Anda makan. Sebagian besar asam urat disaring oleh ginjal dan keluar dari tubuh melalui urin. Sejumlah kecil asam urat ini keluar dari tubuh dalam tinja.

Tetapi, jika terlalu banyak asam urat yang diproduksi atau jika ginjal tidak mampu untuk menghapusnya dari darah secara alami, tingkat asam urat dalam darah meningkat.

“Konsentrasi darah tinggi asam urat dapat menyebabkan asam urat. Bahan kimia yang berhubungan dengan kondisi medis lainnya termasuk diabetes dan pembentukan asam urat batu ginjal amonium," kata kata peneliti Dr. Sharad Kasarle, seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (9/2).

Dalam plasma darah manusia, kisaran referensi asam urat untuk laki-laki adalah antara 3,6 mg / dL. Sementara, untuk wanita ialah 2,3-6,6 mg / dL. Konsentrasi asam urat dalam plasma darah di atas dan bawah kisaran normal dikenal masing-masing sebagai Hyperuricemia dan Hypouricemia.

Gejala asam urat Gout:

1. Podagra yaitu kelembutan ekstrim dan pembengkakan pada sendi jempol kaki. Rasa sakit biasanya dimulai pada malam hari dan berlangsung selama berjam-jam bahkan kadang-kadang sedikit gerakan dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan rasa sakit. Dalam kasus gout kronis, orang dewasa yang lebih tua mengalami sedikit rasa sakit pada sendi relatif dan mungkin membingungkan untuk arthritis.

2. Kemerahan dari sendi yang terkena yang bahkan dapat berubah ungu setelah beberapa waktu.

3. Kemampuan terbatas untuk bergerak.

4. Gatal terus-menerus di sekitar sendi jempol kaki diikuti dengan mengelupas.

5. Radang bursae biasanya dekat siku dan lutut yang menyebabkan bursitis.

6. Akumulasi pasir kristal asam urat disebut tophi yang muncul pada sendi dekat siku, lutut, jari tangan dan kaki.

Related Posts