Inilah Kunci Sukses Xiaomi Merajai Industri Smartphone

shares |

Inilah Kunci Sukses Xiaomi Merajai Industri Smartphone - Hanya dalam jangka waktu empat tahun, produsen smartphone asal China, Xiaomi telah menjelma menjadi kekuatan baru di industri teknologi komunikasi. Berbicara di depan para wartawan, Presiden Direktur Xiaomi, Lin Bin mengatakan bahwa empat tahun lalu mereka hanya memiliki 100 orang konsumen, sedangkan sekarang sudah melesat menjadi lebih dari 100 juta konsumen di berbagai penjuru dunia.

"Kami jadikan konsumen bukan sebagai konsumen tapi sebagai teman," ucapnya sebagaimana dilansir CNET, dalam sebuah kesempatan wawancara di San Francisco, belum lama ini.

Senada, Wakil Presiden Direktur Xiaomi, Hugo Barra menegaskan bahwa hubungan dekat dengan para konsumen itulah yang selama ini berperan besar dalam memajukan perusahaannya. Strategi itu pula yang membuat Xiaomi kini menjadi produsen smartphone paling top di China.

"Kami punya hubungan yang sangat erat dengan para konsumen melalui jaringan yang kami miliki," tambahnya.

Bahkan, daripada menyebut konsumen mereka sebagai pembeli atau konsumen, Xiaomi lebih suka menggunakan istilah 'penggemar' bagi para konsumennya.

Salah satu strategi praktisnya yakni dibuatnya forum xiaomi yang dikenal dengan Mi Forum. Melalui forum inilah, perusahaan bisa berkomunikasi secara intens dengan pengguna produk mereka. Konsumen juga berinteraksi langsung dengan pengguna lainnya dari berbagai penjuru dunia melalui forum yang dikelola secara maksimal.

Sehingga ibaratnya tidak ada pertanyaan yang tak terjawab maupun tidak ada permasalahan yang tak terselesaikan. Menurut Lin, kini forum itu sudah memiliki anggota hingga lebih dari 40 juta orang.
Dengan cara demikian, bahkan Xiaomi tak mengeluarkan biaya mahal untuk kampanye produk karena sudah tersebar luar di jaringan sosial media dan forum yang mereka miliki.

Terbukti, hanya dalam jangka waktu empat tahun, xiaomi benar-benar telah menjadi penantang serius bagi pendahulunya yakni Samsung dan Apple. (TRIBUNJOGJA.com)

Related Posts