Kaltim Kucurkan 50 Beasiswa di ITK

shares |

Kaltim Kucurkan 50 Beasiswa di ITK - Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) menyiapkan beasiswa untuk 50 mahasiswa baru di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan. Beasiswa ini akan diberikan bagi mahasiswa di berbagai program studi (prodi).

Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) Basmen Nainggolan menyebutkan, tahun ini ITK akan menerima 300 mahasiswa baru pada 10 prodi yang tersedia. Namun, hanya 50 warga Kaltim yang akan beruntung mendapatkan beasiswa tersebut.

"Guna mendapatkan BKC, calon mahasiswa ITK harus melakukan tes khusus yang dilakukan oleh tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya," kata Basmen, Jumat (13/2/2015).

Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Kaltim ini menjelaskan, apabila dinyatakan lulus, maka selain bisa diterima di ITK juga berhak mendapatkan BKC dari Pemprov Kaltim selama lima tahun, atau hingga lulus menjadi sarjana.

Sejak 2012, Pemprov Kaltim telah memberi beasiswa kepada 260 mahasiswa ITK Balikpapan. Dengan penambahan 50 beasiswa tahun ini, maka total penerima BKC adalah 310 orang.

Menurut Basmen, dalam waktu dekat pihaknya akan membantu pengadaan mebeler untuk ITK Balikpapan, sehingga pada September perkulihannya bisa dijalankan. Mahasiswa baru ITK akan memulai perkuliahan pada September 2015 di kampus sendiri. Sementara para kakak tingkatnya saat ini masih menjalani perkulihaan di ITS Surabaya karena Kampus ITK masih dalam tahap pembangunan.

"Selama ini, pembangunan ITK Balikpapan menghabiskan anggaran sekira Rp50 miliar dari APBN. Sedangkan total kebutuhan hingga menuntaskan semua gedung dan fasilitasnya diperkirakan menelan anggaran mencapai Rp2,3 triliun," imbuh Basmen.

Related Posts