Program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) 2015

shares |

Tahun 2015 Program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) menargetkan 50.000 penerima, yakni untuk siswa mulai jenjang sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi, termasuk beasiswa untuk tenaga pendidik.

Meski 2014 penerima beasiswa Kaltim Cemerlang hanya terserap 35.000 penerima, namun tahun inipemerintah tetap mengalokasikan untuk 50.000 penerima. Tidak tercapainya target beasiswa tahun lalu akan menjadi evaluasi bagi Pemprov Kaltim agar tahun ini bisa seluruhnya terserap.

Program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) yang nilainya lebih dari Rp100 miliar untuk 50.000 calon penerima pada 2015, sistem penyalurannya dibagi menjadi tiga kuota, yakni kuota kabupaten/kota, perguruan tinggi, dan kuota pola kerja sama.

“Tidak mudah melaksanakan program ini, karena tahun lalu realisasinya melibatkan 14 kabupaten/kota se-Kaltim dan Kaltara. Tahun ini, mudah-mudahan lebih mudah, karena hanya 10 kabupaten/kota saja yang akan dilibatkan untuk realisasi penyaluran beasiswa tersebut,” kata Bere Ali.

Pola kerja sama lain yang harus tetap mendapat program BKC adalah sejumlah guru yang telah masuk kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Terbuka, dan kerja sama dengan universitas yang berada di luar Kaltim.

Kemudian kuota kerja sama Pemprov Kaltim dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, kerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Hingga kini katanya, masih banyak mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan yang masih menumpang kuliah di ITS Surabaya, kemudian banyak juga mahasiswa Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Tenggarong yang masih menumpang kuliah di ISI Yogyakarta.

Kaltim sudah beberapa tahun terakhir menjalin kerja sama dengan Pasiad, misalnya pada 2013 ada 40 lulusan SMP di Kaltim yang lolos masuk Pasiad, kemudian 2014 juga ada 40 siswa masuk SMA Pasiad, termasuk dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga para siswa tersebut sampai sekarang harus terus mendapat beasiswa sampai lulus.

Related Posts