Rp 2,38 M Beasiswa Warga Miskin Dari Pemprov Kaltim

shares |

Pemprov Kaltim mengalokasikan dana sebesar Rp2,38 miliar untuk beasiswa bagi siswa jenjang SD/MI dan SMP/MTs dari keluarga miskin, sehingga mereka yang rentan putus sekolah karena kesulitan membeli seragam sekolah dapat ditanggulangi.

"Dana yang dianggarkan dari program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) sebesar itu diperuntukkan bagi 1.940 siswa SD dan SMP yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Kaltim," ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Musyahrim di Samarinda, Jumat (6/3).

Musyahrim yang didampingi Ketua Tim Pengelola BKC Basmen Nainggolan merinci jumlah penerima per masing-masing daerah, seperti untuk siswa miskin di Kota Balikpapan terdapat 175 penerima yang terbagi pada 100 siswa SD dan 75 siswa SMP.

Untuk siswa SD/MI mendapat Rp1 juta per tahun, sedangkan untuk siswa SMP/MTs mendapat Rp1,5 juta per tahun, sehingga total bantuan beasiswa miskin untuk Balikpapan senilai Rp212,5 juta untuk 175 siswa.

Kemudian untuk Kabupaten Berau terdapat 75 siswa SD dan 75 siswa SMP, sehingga total jumlah beasiswa miskin yang diberikan untuk siswa di Berau senilai Rp210 juta.

Siswa di Kota Bontang terdapat 100 anak di jenjang SD dan 75 anak di jenjang SMP sehingga total bantuannya mencapai Rp212,5 juta.

Kabupaten Kutai Timur terdapat 80 siswa SD yang mendapat beasiswa miskin dan terdapat 60 siswa SMP yang mendapat beasiswa miskin, sehingga total bantuan beasiswa yang diterima di kabupaten itu senilai Rp170 juta.

Selanjutnya, Kabupaten Paser terdapat 100 siswa SD dan 90 siswa SMP sehingga total beasiswa miskin yang diterima senilai Rp235 juta.

Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Penajam Paser Utara terdapat siswa penerima beasiswa miskin sama dengan yang diterima oleh Kabupaten Paser.

Kabupaten Mahakam Ulu terdapat 150 siswa SD dan 100 siswa SMP atau yang sederajat, sehingga total beasiswa miskin yang diterma kabuputen itu senilai Rp300 juta.

Sementara, di Kota Samarinda terdapat 150 siswa SD dan 123 siswa SMP, sehingga total bantuan beasiswa untuk siswa di Samarinda senilai Rp337,5 juta. [Ant/L-8]

Related Posts