Spesifikasi Merecedes Maybach S600 Pullman : Mobil Presiden Jokowi

shares |

Spesifikasi Merecedes Maybach S600 Pullman : Mobil Presiden Jokowi - Mobil itu diketahui merupakan kendaraan versi terbaru dari model S600 Pullman Guard yang dipakai Presiden Indonesia, Joko Widodo, sebagai tunggangan dinas kenegaraannya.

Dilaporkan, mobil yang dibanderol seharga US$570.465, atau setara Rp7,4 miliar (kurs Rp12.987 per dolar AS) ini dilengkapi berbagai piranti keamanan yang syarat dengan teknologi mutakhir. Salah satu kelebihan mobil mewah ini adalah berlapis baja untuk melindungi pembesutnya dari serangan bom maupun senapan serbu.

Presiden ketujuh RI Joko Widodo akan menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Inilah mobil yang didesain khusus untuk para pemimpin negara di dunia. Kendaraan dengan spesifikasi khusus tahan peluru ini mulai digunakan Jokowi pada Senin (20/10/2014) ini.

Hal ini memutus spekulasi kendaraan yang akan digunakan Jokowi sebelumnya. Sempat beredar kabar bahwa Jokowi bakal menggunakan mobil lain, bahkan ada selentingan bakal pakai Innova yang dimodifikasi. Namun, rupanya Jokowi harus tunduk pada protokoler dan standar keamanan yang sudah ditetapkan.

Yang menarik, Jokowi memilih tulisan ”Indonesia 1” untuk menandai sebagai mobil kepresidenan. Sebelumnya, SBY memilih ”RI 1” pada pelat nomor. Otomatis, untuk wakil presiden, digunakan tulisan ”Indonesia 2”.

Tahan peluru
Sebagai kendaraan khusus, Mercy ini bisa dipacu hingga lebih dari 200 kpj. Dalam proses pembuatannya di Jerman, mobil ini sudah dilapisi baja yang tahan terhadap senapan standar, granat tangan, serta bahan peledak ringan lain.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470, yang bisa berjalan sejauh 60 kilometer tanpa udara. Tangki bahan bakar berkapasitas 90 liter dan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

Sementara pada interior dilengkapi perangkat night view assist system untuk memantau situasi di luar ketika kondisi jalan gelap. Perangkat itu berfungsi layaknya sonar inframerah, dengan kemampuan melihat obyek saat cahaya di luar sangat terbatas.

Selain itu, tersemat kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan tahan panas, plus empat pintu dengan berkemampuan adjustable doorhold.

Yang paling menarik, sedan limousin Mercedes Maybach S600 Pullman ini dilengkapi dengan beberapa fitur mumpuni. Dicatat This is Money, ada 10 fitur menarik yang dijejali. Apa saja?

1. Sabuk pengaman

Jet darat yang dipastikan akan dimiliki kalangan tajir ini ternyata dilengkapi kantung udara (airbag) pada sabuk pengamannya. Perusahaan sepertinya memandang perlu menghadirkan piranti ini untuk mengurangi risiko tulang rusuk memar saat kecelakaan.

2. Kursi pemijat

Dua kursi penumpang yang menghadap ke depan ternyata dilengkapi fitur pemijat. Kursi tersebut juga dilengkapi dengan bantal udara dengan sistem pemanas yang dapat memijat si pembesut setelah menekan tombol yang tedapat di kursi tersebut.
Sementara dua kursi penumpang menghadap ke belakang, tidak dilengkapi fitur memanjakan ini.

3. Meja makan dan kulkas

Mercedes Maybach S600 Pullman juga dilengkapi dengan sebuah meja makan yang terdapat di antara kursi. Fitur ini berlaku untuk empat kursi penumpangnya. Meja makan ini terdapat di konsol tengah.
Tak hanya meja makan, di bagian tengah kursi juga terdapat sebuah kompartemen berisi kulkas alias lemari es untuk menyimpan beberapa makanan atau sampanye dengan temperatur terkendali.

4. Pemanas tangan

Mobil canggih ini memiliki fitur eksentrik yang tak banyak dibuat pabrikan lain. Ya, limousin ini memiliki pemanas pada sandaran tangan kursi. Alhasil, tangan si pembesut pun dipastikan akan terus hangat selama perjalanan.

5. Gelas sampanye perak

Sepasang gelas sampanye berlapis perak yang dibuat German Silversmith Robber & Berking terjejal di mobil ini. Gelas-gelas ini terdapat di sebuah kompartemen dekat bahu penumpang yang ditempatkan tersembunyi lengkap dengan sebuah nampan perak.

6. Pengharum aktif

Soal wangi-wangian, tidak perlu menghadirkan pengharum mobil di kendaraan ini. Sebab, sudah ada aroma pilihan yang akan menyeruak memenuhi hidung pembesut di seluruh kabinnya.
Ini semua merupakan bagian dari sistem Air Balance kendaraan yang menyaring spora dan serbuk sari dari udara yang dapat membunuh semua bakteri.
Prime features: Inside the motor, there are added extras such as a heated armrest and silver-plated champagne flutes

7. Atap bercahaya

Atap mobil ini juga tergolong canggih. Sebab, langit-langit mobil ini dapat beralih ke gelap dan terang sesuai dengan keinginan penumpang, dengan hanya satu sentuhan tombol.
Panggilan analog yang ada di atap juga dapat memberikan informasi kepada penumpang mengenai suhu di luar, kecepatan kendaraan, dan waktu.

8. Tv layar lebar

Partisi kaca yang terdapat di dalam mobil ini ternyata bisa berubah menjadi sebuah televisi dengan layar monitor besar. Cukup dengan satu sentuhan tombol, kaca buram itu akan menjadi terang. Layar itu juga bisa digunakan sebagai komputer yang dapat dinaik dan diturunkan.

9. Speaker robot

Speaker dengan frekuensi tinggi (tweeter) terdapat pada pintu spiral keluar ketika diaktifkan. Tujuan dari adanya fitur ini adalah lebih mendekatkan suara dengan telinga penumpang.
Yang menarik, audio ini sudah didesain sedemikian rupa dan dapat meningkatkan volume suara penumpang saat berbicara dengan sopir. Sehingga, Anda tidak perlu berteriak ketika berbicara.

10. Teknologi self driving

Mercedes sadar betul dengan keamanan. Maka itu, mereka membuat sistem sederhana bagian dari self driving. Sebuah sensor inframerah yang terdapat pada mobil dapat membuat rem berhenti sendiri dengan aman saat ada orang atau binatang yang tiba-tiba melintas.
Atau, jika kendaraan sudah sangat dekat, mobil ini akan berbelok ke celah yang aman untuk menghindari objek tersebut tanpa disadari si sopir.

Related Posts