Kamis, 30 April 2015

Balikpapan-Bontang Tanpa Incumbent

Tugas Tim Seleksi (Timsel) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim rampung. Mereka akhirnya menetapkan enam besar calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk Kota Balikpapan, Bontang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kutai Barat (Kubar), dan Mahakam Ulu (Mahulu). Berikutnya, mereka yang lolos mesti menjalani fit and proper test oleh Bawaslu Kaltim.

“Enam besar ini kami tetapkan setelah melakukan tes wawancara kepada peserta yang masuk sembilan besar berdasarkan hasil tes tertulis sebelumnya. Tes wawancara dilakukan sejak Sabtu (25/4) lalu di Balikpapan, Senin (27/4) di Bontang, dan Rabu (29/4) di Sangatta,” jelas Bambang Iswanto, ketua Timsel Bawaslu Kaltim untuk Balikpapan, Bontang, dan Kutim.

Sedangkan, Ketua Timsel Bawaslu untuk Kubar dan Mahulu Warkhatun Najidah mengatakan, tes di dua daerah ini dilaksanakan pada Sabtu dan Senin. “Berikutnya, daftar enam besar tiap kabupaten-kota kami serahkan kepada para komisioner Bawaslu Kaltim, untuk ditentukan tiga nama terpilih,” kata Najidah.

Ada yang menarik dari pengumuman enam besar ini, yakni dari sisi calon petahana. Di Balikpapan, tak ada satu pun figur incumbent yang lolos. Seluruhnya wajah baru yang berasal dari berbagai kalangan, seperti lawyer, swasta, hingga jurnalis.

Bontang setali tiga uang. Tak ada satu pun komisioner Panwaslu lama di kota ini yang melenggang ke tahapan akhir. “Memang ada Aliyasan yang pernah menjadi Panwaslu, tapi itu untuk periode sebelumnya. Bukan dari komisioner Panwaslu yang masa jabatannya berakhir 2014,” ujar Bambang.

“Bagaimanapun, pengumuman enam besar ini mencerminkan seleksi ketat yang telah dijalankan timsel dalam proses tes tertulis dan wawancara. Semuanya semata didasarkan pada aspek integritas, pemahaman kepemiluan, kemampuan komunikasi dan kualitas kepemimpinan, serta pengetahuan lokal,” lanjut Najidah.

Hal sebaliknya terjadi di Kutim. Tiga calon petahana; Nirmalasari Idha Wijaya, Haerul, dan Andi Mursalin, masih sanggup bertahan. Berikutnya mereka mesti bersaing dengan tiga wajah baru untuk memperebutkan tiga kursi komisioner. Panwaslu Kutim sendiri tahun lalu mendapat penghargaan dari Bawaslu RI sebagai panwaslu terbaik se-Indonesia.

Untuk menetapkan tiga nama terakhir, tiga komisioner Bawaslu Kaltim; Saipul Bahtiar, Haerul Akbar, dan Tri Heriyanto, akan menggelar lagi uji kelayakan dan kepatutan untuk enam besar tiap kabupaten-kota pada 4-10 Mei ini. Rencananya, panwaslu terpilih se-Kaltim dilantik pada 13 Mei. (sos/zal/k11/kaltimpost.co.id)

Previous
Next Post »

Post Comment

 
loading...