Ini Dia Isi Lengkap Surat Terbuka Anggun C Sasmi untuk Jokowi

shares |

Penyanyi internasional Anggun C Sasmi menulis surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

Surat permohonan grasi untuk warga Prancis terpidana mati kasus narkoba Serge Atlaoui itu diunggah di laman Fanpage Facebook Anggun Cipta Sasmi, 17 jam yang lalu.

Berikut ini isi lengkap surat terbuka Anggun C Sasmi kepada Presiden Joko Widodo:

Surat terbuka untuk Bapak Presiden Joko Widodo

Yang terhormat Bapak Presiden Joko Widodo,

Seperti yang mungkin bapak ketahui, sudah bertahun-tahun saya bermukim di Perancis. Sebagai orang Jawa dan orang Indonesia saya sangat bangga dengan budaya yang mengalir di darah saya dan saya merasa sangat beruntung bisa tinggal di negara yang sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, sebagai wanita dan juga artis, ini adalah sumber inspirasi yang sangat berharga.

Tentu saja saya sangat mengerti dampak negatif dari Narkoba terutama di Indonesia dan saya sangat setuju juga selalu mendukung pemberantasan Narkoba di dunia. Tetapi saya juga yakin bahwa hukuman mati bukan satu solusi untuk menurunkan tingkat kriminalitas atau untuk menjaga kita dari semua kejahatan. Hukuman mati menurut saya adalah kegagalan sisi kemanusiaan juga hilangnya nilai nilai hukum keadilan. Hukuman mati bukanlah keadilan, apapun penyebabnya. Saya amat dan sangat yakin untuk ini.

Hukum yang diberikan terhadap Bapak Serge Atlaoui membangunkan emosi yang sangat dalam di Eropa, terutama di Perancis. Saya termasuk orang yang merasakan ini karena banyaknya sisi-sisi keruh yang akhirnya terlihat lebih jelas di dalam kasus pengadilan Bapak Serge Atlaoui, keraguan yang membuat keputusan hukuman mati menjadi tidak dimengerti karena banyaknya ketidaktentuan dalam kasus beliau. Selain itu saya pribadi yakin bahwa Bapak Serge Atlaoui tulus dan jujur.

Saya berada di Jakarta pada saat Bapak dipilih menjadi Presiden. Hati saya bahagaia, berdebar keras dan merasa sangat bangga atas pilihan rakyat Indonesia. Pemilu Anda dilihat dan dipantau oleh dunia sebagai titik balik untuk Indonesia menjadi negara yang besar dan penuh kebajikan. Di Eropa, Indonesia sekarang terkait oleh image negara yang membunuh. Hati saya berdebar lagi tapi kali ini karena kepedihan, saya tidak ingin wajah Indonesia tergores seperti ini dan dihakimi oleh dunia sedangkan Indonesia yang saya tahu dan impikan adalah negara yang toleran dan berikhwan.

Sekali lagi saya tidak mempertanyakan kedaulatan perhukuman di Indonesia untuk melawan Narkoba tetapi saya tidak bisa melihat seseorang yang mengaku tidak bersalah, akan dihukum mati, dan melihat kesedihan istri dan keluarganya.
Bapak Presiden, Anda mempunyai kekuasaan untuk membuat dunia kita ini lebih baik, dengan dikurangi kekerasan, tanpa tumpahnya darah, tanpa kebrutalan, seperti yang tertulis di Pancasila : Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Sebagai putri Jawa, dengan hormat saya memanggil jiwa kemanusiaan Bapak yang selama ini menjadi karakteristik dan menggambarkan jalan hidup Bapak, saya memohon agar Bapak bisa memberi Grasi untuk Bapak Serge Atlaoui. Matur sewu sembah nuwun paringanipun kawigatosan mugi mugi Gusti Allah maringi rahmad berkah kesehatan kagem Bapak sekeluargo. Amin matur sembah nuwun.

Anggun.

Penyanyi Asal indonesia yang mendunia ini dikenal bukan semata karena profesinya sebagai biduanita semata, namun sisi kehidupannya pun kerap menarik perhatian publik.

Sebut saja, satu diantaranya pada Natal tahun lalu, dia menunjukkan sikap toleransi beragama dengan melantunkan lagu Malam Kudus di Concerto Di Natale Italia pada perayaan natal ummat kristiani.

Dengan anggun, dia menyanyi sebuah lagu malam kudus pada perayaan natal menunjukkan pada dunia bahwa msyarakat dunia harus hidup rukun tanpa ada permusuhan apalagi terjadi pembantai karena gesekan agama.

Anggun C Sasmi bernyanyi sangat memukau di Concerto Di Natale yang berlangsung tanggal 25 Desember 2014 lalu di Italia dengan menggukan setelan baju serba merah, Anggun di undang Paus Fransiskus untuk menyanyikan lagu malam kudus

“Anggun datang di Vatikan, Italia atas undangan Paus Fransiskus. Ini kali kelima Anggun datang di Vatikan dan menyanyi lagu-lagu Natal. Wanita ini bahkan dijuluki sebagai penyanyi kesayangan Vatikan karena lima kali berturut-turut diundang hadir dalam Concerto di Natale seperti dikutip dari tribunnews.

Perlu di ketahui bahwa bukan berarti Anggun menjadi pindah agama karena menyanyikan lagu malam kudus, karena seorang muslim menjadi murtad ketika meyakini tuhan selain Allah SWT dan melakukan perbuatan atau mengikuti ritual keagamaan, agama di luar Islam maka seorang muslim menjadi murtad atau keluar dari islam

Sikap toleransi memang harus dimiliki oleh setiap orang untuk meredam gejolak gesekan antar agama agar hidup damai dan tentram berdampingan meski beda keyakinan.(mac/tribunjabar)

Related Posts