Ingat, Jangan Terbalik Ucapkan Subhanallah dan Masyaallah

shares |

Ingat, Jangan Terbalik Ucapkan Subhanallah dan Masyaallah

Bagi umat muslim, saat dihadapkan dengan berbagai keadaan, hal ini sering kali membuat mereka mengucapkan istighfar (Astagfirullah), tahmid (Alhamdulillah) dan kalimat Masyaallah atau juga tasbih (Subhanallah). Namun sayang, nampaknya beberapa kata ini sering kali diucapkan dalam kondisi yang kurang tepat atau salah.

Tidak sedikit orang yang terbalik mengucapkan kata Astagfirullah, Subhanallah dan Masyaallah saat menghadapi suatu keadaan atau kondisi tertentu. Lalu, dalam kondisi seperti apakah baiknya kita mengucapkan kata-kata tersebut?

"Jadi selama ini kan kita tahunya kalau subhanallah buat yang bagus-bagus dan masyaallah buat sesuatu yang mengerikan atau yang kita khawatirkan. Itu sebenarnya justru terbalik. Kata Subhanallah itu sebaiknya diucapkan saat kita sedang dihadapkan dalam kondisi yang mengerikan atau melihat sesuatu yang menakutkan dan memohon perlindungan dari Allah. Kalau kata Masyaallah, sebaiknya kata ini diucapkan saat kita dihadapkan pada kondisi yang menyenangkan atau kita melihat sesuatu yang bikin kagum sebagai ucapkan syukur kepada Allah."

Ungkap Rita YWS, yang merupakan Penggiat Agama saat ditemui Vemale dalam acara Peace & Love buka bersama dengan 2000 anak yatim di salah satu kawasan di Jakarta pada hari Selasa tanggal 14 Juni 2016.

Lebih lanjut Rita juga menjelaskan, jadi Masyaallah itu untuk memuji Allah karena kebaikannya, sesuatu yang masyaallah atau mengagumkan. Sedangkan kata Subhanallah itu saat melihat musibah. "Kalau kita berbuat sombong ucapkan Astagfirullahalazim, karena itu godaan dari setan dan bacalah Alhadulillah saat mendapatkan rezeki dari Allah." Tambah Rita.

"Kalau Masyaallah itu jika kita melihat orang cantik atau lihat anak-anak yang pandai membaca Al Quran, anak yang hafidz Al Quran itu juga Masyaallah," Jelasnya. Menurut Rita, tidak hukumnya bila kita mengucapkan ketiga kata di atas dalam kondisi yang salah. Hanya saja, hal ini perlu diperbaiki agar kesalahan tersebut tidak berlanjut.

"Kalau kita nggak tahu sih nggak apa-apa, tapi kalau sudah tahu ya sebaiknya diperbaiki saja. Dan bila kita mendengar teman atau siapa saja yang salah, alangkah baiknya jika kita beritahu saja. Karena memberitahu kalau ada yang salah itu kan kebaikan dan mendapatkan pahala. Maka dari itu, diperbaiki saja supaya tidak terbalik mengucapkan kata-kata tersebut saat dihadapkan di suatu kondisi tertentu." tutup Rita.

Nah Ladies, jadi sekarang semakin tahu kan bagaimana semestinya mengucapkan kata Astagfirullah, Subhanallah dan Masyaallah. Ya, meskipun salah mengucapkan kata-kata tersebut dalam suatu kondisi tidak apa-apa atau tidak berdosa, alangkah baiknya jika kita sebagai umat muslim mengucapkan kata-kata tersebut dalam kondisi yang tepat dan benar. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semakin bijak dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.
Via : vemale.com

Related Posts