Minggu, 25 September 2016

Bayi Sampul Album Nevermaind Nirvana, Kini Berusia 25 Tahun

Bayi Sampul Album Nevermaind Nirvana, Kini Berusia 25 Tahun

Duapuluh lima tahun lalu, atau persis tahun 1991, foto bayi Spencer Elden dipampang di cover album Nirvana grup band yang dimotori mendiang Kurt Cobain.

Di situ, Elden difoto sebagai bayi telanjang yang sedang berenang mengejar uang. Saat pemotretan dilakukan, usianya baru beberapa bulan.

Spencer Elden, bayi yang di foto itu kini telah dewasa. "Nirvana itu keren, saya kira foto itu aneh menjadi bagian dari itu," kata Spencer Elden, yang citranya digunakan pada sampul album

Spencer Elden hanya berumur beberapa bulan ketika orang tuanya mendapat telepon dari seorang fotografer bawah air Kirk Weddle, yang bertanya apakah ia bisa menggunakan bayi yang baru lahir mereka sebagai bagian dari pemotretan untuk sebuah band Nirvana.

Pada saat itu, ayah Elden membantunya dengan set tali khusus dan alat peraga untuk pemotretan Weddle, yang ia harus tahu.

Awalnya, Weddle mencoba untuk memotret bayi di kelas berenang, namun tidak satupun dari gambar-gambar sesuai dengan apa yang Geffen Records cari, sehingga mereka akhirnya memilih salah satu contoh gambar yang diambil Weddle dari Elden.

Kemudian tulisan logo Nirvana dengan uang dolar akhirnya ditambahkan, agar terlihat seolah-olah bayi berenang ke arah uang tersebut.



Orang tua Elden ini dilaporkan dibayar hanya $ 200, untuk sesi foto yang berlangsung sekitar 15 detik.

Tahun lalu, Weddle mengatakan majalah Time, "Ini adalah konsep besar, bayi di bawah air, tidak bisa bernapas, mengejar uang dengan mata kail. Setelah Nevermind sukses besar, mereka datang kembali ke saya untuk melakukan sesi foto band itu di bawah air. "

Setelah rilis album berhasil, gambar itu tercatat dalam sejarah musik sebagai salah satu album sampul yang paling dikenal dari sepanjang waktu, bersama dengan album Pink Floyd 'Dark Side of the Moon' dan The Beatles 'Abbey Road'.

"Melihat ke belakang, rasanya agak bodoh melakukan wawancara tentang hal itu, karena saya tidak ada hubungannya dengan itu, tapi banyak yang harus dilakukan dengan itu semua pada waktu yang sama," kata Elden, sekarang 25.

"Ini perasaan yang benar-benar aneh menjadi bagian dari momentum orang lain, terperangkap di belakang semua ini. "

Hari ini, Elden tinggal di Los Angeles dengan ibunya dan berfokus pada pembuatan seni dan menanam tomat. Selama beberapa tahun terakhir, ketertarikannya pada seni telah berkembang setelah ia magang untuk seniman jalanan Shepard Fairey, yang telah bertindak sebagai mentor.

Tapi Elden masih mencoba untuk mencari tahu bagaimana perasaannya tentang Nevermind.



"Perjalanan ini. Setiap orang yang terlibat dalam album ini memiliki berton-ton uang. Tapi aku merasa hanya memiliki bagian paling kecil dari band grunge rock itu, "kata Elden.

"Saat ini aku tinggal berdua bersama ibu saya dan hanya mengendarai Honda Civic."

Elden mengaku pernah bertemu dengan dua anggota band yang tersisa dari Nirvana yakni Dave Grohl dan Krist Novoselic.

Ia mengatakan bahwa selama ini telah berusaha untuk menghubungi anggota band itu namun tidak berhasil.

Hingga pada tahun 2013, TMZ pernah menanyakan Dave Grohl apakah pernah bertemu dengan bayi dari cover album Nevermind dan Grohl mengakui bahwa tidak pernah.

"Aku tidak pernah bertemu dengannya. Kami tidak pernah bertemu saat dilakukan sesi pemotretan, jadi saya tidak tahu. Aku hanya pernah melihatnya di sebuah majalah. "

Baru-baru ini, Elden melakukan foto ulang pose saat bayi di kolam renang. Mulanya, dia ingin tampil polos seperti foto aslinya. Namun, rencana ini batal dilakukan.

"Waktu itu saya bilang ke fotografernya saya ingin pose telanjang, namun ditolak karena akan dianggap aneh. Jadi saya pakai celana renang. peringatan 25 tahun ini sangat penting bagi saya. Waktu itu pemotretan hanya dilakukan lima menit tapi sekarang telah melegenda," kata Elden.

Elden kini menjelma menjadi laki-laki berambut gondrong dan berjanggut. Banyak yang berubah, namun fotonya hingga kini masih melegenda.

Previous
Next Post »

Post Comment

 
loading...