Minggu, 19 Februari 2017

Masih Banyak Guru di Bontang yang Belum S1


Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang belum bisa memenuhi target 100 persen guru berijazah Strata 1 (S1) sesuai target pencapaian dalam Program Bontang Cerdas tahun 2008 lalu.

Terbukti, dalam laporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, persentase jumlah guru S 1 atau setara Diploma IV baru 85 persen.

Hal itu diungkapkan Dasuki, Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang (sekarang Dinas P dan K), dalam Acara Workshop LPPD beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, khusus guru sekolah negeri, sepenuhnya telah berijazah S 1. Berbeda dengan guru di sekolah swasta yang beberapa di antaranya belum memenuhi ketentuan.

Menyikapi kondisi tersebut, saat menjabat kepala dinas, Dasuki telah menjalin kerja sama dengan salah satu universitas di Kota Bontang. Tujuannya untuk mengadakan pendidikan kepada para guru yang belum berijazah S 1.

Neni Moerniaeni, Walikota Bontang kepada klikbontang (KlikGroup) menjelaskan, belum meratanya pendidikan minimal guru di Kota Bontang salah satunya dipengaruhi fenomena pertumbuhan penduduk.

“Karena ada penambahan penduduk, akhirnya juga ada tambahan tenaga pengajar,” tuturnya ditemui di rumah jabatan Walikota Bontang, Jalan Awang Long belum lama ini.

Meski 2008 lalu, Pemkot memiliki Program Bontang Cerdas yang salah satu tujuannya mewujudkan 100 persen guru Kota Taman berijazah S 1.

Dari laporan dinas teknis, mantan legislator DPR RI ini mengungkapkan, tenaga pengajar non- S 1 itu rata-rata mengajar di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pemkot Bontang juga tak lagi bisa membiayai pendidikan para guru tersebut setelah APBD kurang dari Rp1,9 triliun.

“Kalau anggaran di atas Rp1 triliun seperti tahu lalu, kita sekolahkan kembali. Tapi ketika kita tidak punya dana, mereka jadi mandiri,” ujarnya.

Ia pun menginginkan adanya regulasi khusus yang mengatur kualifikasi minimal para pengajar adalah S 1.

“Kita akan mempemudah perekrutan dengan adanya regulasi yang spesifik untuk guru tersebut. Akhirnya anak didik kita juga menjadi bagus kualitasnya,” tutupnya. (*)
Sumber : Klik Berau

Previous
Next Post »

Post Comment

 
loading...