Minggu, 19 Februari 2017

Orang Bontang Boros

Orang Bontang Boros

BONTANG. Jumlah rata–rata pengeluaran per kapita penduduk Bontang rupanya cukup tinggi. Bahkan bisa dibilang karakteristik warga Bontang lebih cenderung boros. Hal itu berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang, rata-rata pengeluaran per kapita penduduk Bontang pada 2015 mencapai Rp 17.531.000 per tahun.

Hal ini menandakan tingkat kesejahteraan masyarakat Bontang terbilang tinggi, jika dibanding dengan sejumlah daerah lainnya di Kaltim. Dikatakan Kepala BPS Bontang Basiran Suwandi, pengeluaran per kapita masyarakat Bontang terbesar dari segi non makanan yang mencapai 57,49 persen. Sedangkan untuk makanan berada pada 42,51 persen.

“Jumlah ini menunjukkan angka kesejahteraan masyarakat Bontang makin meningkat. Jumlah ini berada di atas dari beberapa daerah lain di Kaltim,” ungkapnya

Menurutnya, penyebab meningkatnya pengeluaran penduduk Bontang, salah satunya dipengaruhi produksi kebutuhan bahan makanan yang belum mampu terpenuhi pasar. Sehingga banyak yang belanja keluar Bontang yang menambah biaya pengeluaran.

Maka dari itu, pemerintah diharap mampu menyediakan gudang (lumbung) pangan yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha, guna memperkuat persediaan bahan pokok, bagi stabilitas serta ketersediaan barang dan kebutuhan pokok masyarakat.

“Namun faktor selera masyarakat yang berbeda pun mempengaruhi peningkatan pengeluaran perkapita di Kota Bontang,” tambahnya. (ivr/nin)

Previous
Next Post »

Post Comment

 
loading...